Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific Menggunakan Metode Inquiry dan Project Based learnng Ditinjau dari Kreativitas Peserta Didik Terhadap Higher Order Thinking Skill (HOTS)

ARIFIN, ZAENUL (2017) Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific Menggunakan Metode Inquiry dan Project Based learnng Ditinjau dari Kreativitas Peserta Didik Terhadap Higher Order Thinking Skill (HOTS). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1406Kb)

    Abstract

    Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar (HOTS, sikap, keterampilan) antara peserta didik yang diberi pembelajaran scientific menggunakan metode inquiry dengan peserta didik yang diberi pembelajaran scientific menggunakan metode project based learning, dan kreativitas tinggi dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan di SMA Batik 1 Surakarta, Propinsi Jawa Tengah semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X SMA Batik 1 Surakarta, sampel diambil secara acak (cluster random) terdiri dari dua (2) kelas, kelas X MIA.3 diberi pembelajaran menggunakan metode inquiry dan X MIA.4 dengan metode project based learning. Data dikumpulkan menggunakan tes untuk HOTS, angket untuk kreativitas, lembar observasi untuk sikap dan portofolio untuk ketrampilan. Data dianalisis menggunakan Analyze of Variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) ada perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang diberi pembelajaran dengan pendekatan scientific menggunakan metode inquiry dan project based learning, b) ada perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah, peserta didik yang diberi memiliki kreativitas tinggi mendapatkan prestasi belajar lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang memiliki kreativitas lebih rendah, c) tidak ada interaksi antara pembelajaran dengan pendekatan scientific menggunakan metode inquiry dan project based learning dan kreativitas terhadap prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 15 Mar 2017 16:26
    Last Modified: 15 Mar 2017 16:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31901

    Actions (login required)

    View Item