Persepsi Petani Terhadap Karakteristik Inovasi Transplanter Sebagai Mesin Tanam Padi Sawah Di Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar

PRATIWI, UNIQUE DIAN (2017) Persepsi Petani Terhadap Karakteristik Inovasi Transplanter Sebagai Mesin Tanam Padi Sawah Di Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (189Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi petani terhadap karakteristik Transplanter, menganalisis persepsi petani dan menganalisis hubungan antara faktor – faktor yang mempengaruhi dan Persepsi petani terhadap adannya Transplanter di Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Metode dasar penelitian adalah kuantitatif dengan teknik survey. Lokasi penelitian yaitu di Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Penentuan lokasi secara sengaja (purposive). Data diperoleh dengan kuesioner terhadap 60 responden melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah rums interval dan Korelasi Rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pembentuk persepsi: umur, pemberian informasi, pendidikan formal, pendidikan non formal dalam kategori sedang, pengalaman berusahatani dalam kategori cukup tinggi, pendapatan petani dalam kategori tinggi, dan pengaruh kebudayaan dalam kategori rendah. Petani memiliki persepsi yang cukup baik pada keuntungan relatif (relative advantage), kerumitan penggunaan (complexity), hasil yang dapat diamati (observability). tingkat kemudahan untuk dicoba (triability) dan kategori baik pada kesesuaian (compatibility), terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan formal dan pemberian informasi, pada taraf kepercayaan 90%. Terdapat hubungan yang tidak signifikan antara, umur, pendidikan non formal, pendapatan, pengalaman berusahatani, dan pengauh kebudayaan terhadap karakteristik teknoogi mesin tanam Transplanter.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 15 Mar 2017 16:09
    Last Modified: 15 Mar 2017 16:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31896

    Actions (login required)

    View Item