Interaksi Antarbudaya dalam proses pembelajaran Mahasiswa Asing Level Dasar di UPT. Bahasa Universitas Sebelas Maret tahun 2016

LESTARI, TRY ANNISA (2017) Interaksi Antarbudaya dalam proses pembelajaran Mahasiswa Asing Level Dasar di UPT. Bahasa Universitas Sebelas Maret tahun 2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1161Kb)

    Abstract

    Try Annisa Lestari. 2016. Interaksi Antarbudaya dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Mahasiswa Asing Level Dasar di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret Tahun 2016. Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Andayani, M.Pd. Kopembimbing: Dr. Budhi Setiawan, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan dan menjelaskan akulturasi yang terjadi pada mahasiswa asing level dasar yang belajar bahasa Indonesia di UPT Bahasa; 2) mendeskripsikan dan menjelaskan proses asimilasi yang terbentuk akulturasi yang terjadi pada mahasiswa asing level dasar yang belajar bahasa Indonesia di UPT Bahasa; 3) mendeskripsikan dan menjelaskan peran pengajar BIPA agar meminimalisir kontravensi antara budaya asal dan budaya Indonesia. Penelitian Interaksi antarbudaya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia mahasiswa asing level dasar merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu dengan tahap; 1) menentukan tempat dan waktu penelitia serta observasi awal sebelum penelitian, 2) teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dann pengumpulan dokumen yang terkait dengan pembelajaran bahasa Indonesia pada mahasiswa asing level dasar, 3) teknik analisis data dengan menggunakan interactive model . Hasil penelitian disimpulkan bahwa; 1) menunjukkan bahwa proses akulturasi yang terjadi pada mahasiswa asing telah dapat dibuktikan dengan memenuhi faktor-faktor terjadinya proses akulturasi, 2) menunjukkan bahwa proses asimilasi yang terbentuk pada mahasiswa asing telah dapat dibuktikan dengan terbentuknya proses asimilasi, 3) Peran pengajar BIPA sangat dibutuhkan untuk meninimalisir perdebatan-perdebatan tentang perbedaan-perbedaan yang dialami. Kata kunci: interaksi antarbudaya, asimilasi, akulturasi, kontravensi, mahasiswa asing.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 15 Mar 2017 16:07
    Last Modified: 17 Mar 2017 15:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31895

    Actions (login required)

    View Item