SOSIALISASI INTELLIGENT RESEARCH AND INNOVATION SERVICES (IRIS) 1103 BAGI CIVITAS AKADEMIKA UNS (Studi Evaluasi Model CIPP terhadap Sosialisasi IRIS 1103 oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret)

SURANTI, SRI (2017) SOSIALISASI INTELLIGENT RESEARCH AND INNOVATION SERVICES (IRIS) 1103 BAGI CIVITAS AKADEMIKA UNS (Studi Evaluasi Model CIPP terhadap Sosialisasi IRIS 1103 oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (319Kb)

    Abstract

    Sri Suranti, S231308034. Sosialisasi Intelligent Research And Innovation Services (IRIS) 1103 Bagi Civitas Akademika UNS (Studi Evaluasi Model CIPP terhadap Sosialisasi IRIS 1103 oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret). TESIS. Pembimbing: Dr. Sutopo, MS, II: Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D.Program Studi Ilmu Komunikasi (Manajemen Komunikasi), Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret ABSTRAK Penelitian ini berupaya mengevaluasi keberhasilan kegiatan sosialisasi IRIS1103 yang diselenggarakan LPPM UNS untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan civitas akademika UNS serta mengetahui faktor pendorong dan penghambatnya berdasarkan model evaluasi CIPP yang didukung data-data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner yang diberikan kepada tenaga pendidik di lingkungan UNS. Sedangkan data kualitatif didapatkan peneliti melalui wawancara dengan pelaksana dan sasaran sosialisasi IRIS1103 serta penelaahan dokumen-dokumen yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi. Berdasarkan hasil evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) pada elemen komunikasi (komunikator, pesan, dan komunikan) dalam kegiatan sosialisasi IRIS1103 berhasil dan efektif untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan civitas akademika UNS tentang alur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) dalam aplikasi IRIS1103 yang pada akhirnya mendorong mereka untuk menciptakan rutinitas baru yakni mengunjungi laman iris1103.uns.ac.id setiap memerlukan informasi mengenai P2M. Selain itu, diketahui adanya faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan sosialisasi. Faktor pendukung tersebut yakni 1) Pembuatan dan penyusunan pesan yang berkaitan dengan pemilihan bentuk, simbol serta makna pesan sangat tepat dan disajikan secara oral atapun tulisan dalam slide power point yang mudah dimengerti, tidak bertele-tele dan menarik (konteks); 2) Sumber daya Manusia yang handal dan berkompeten (tingkat pendidikan, masa kerja maupun keahliannya di bidang P2M dan teknologi informasi) baik sebagai penyelenggara atau pelaksana teknis ataupun sebagai narasumber (input); 3) Sarana, prasarana dan pendanaan yang memadai (input); 4) Adanya dukungan dari pemangku kepentingan di UNS yang juga ikut mendorong tenaga pendidik di lingkungan UNS untuk mengoptimalkan pemanfaatan IRIS1103 (input); 5) Berdasarkan prosesnya, sosialisasi dilakukan dalam berbagai bentuk atau pola baik secara langsung maupun tidak langsung dengan tujuan lebih mengoptimalkan upaya memperkenalkan IRIS1103 kepada civitas akademika UNS (proses); 6) Tingkat pemahaman komunikan sosialisasi IRIS1103 yang cukup tinggi terhadap informasi mengenai aplikasi IRIS1103 yang disampaikan narasumber (produk). Sedangkan Faktor penghambat kegiatan sosialisasi yaitu 1) Perencanaan awal kegiatan sosialisasi IRIS1103 belum tersusun secara baik dan sistematis dengan mengacu pada analisis situasi “strengthness, weakness, opportunity and treat” (konteks); 2) Aplikasi IRIS1103 yang dibuat tim pendesain IRIS1103 masih kurang lengkap dan terus mengalami penambahan sehingga informasi yang disampaikan juga terbatas terutama saat pendampingan pengoperasian aplikasi IRIS1103 (input); 3) Tingkat partisipasi atau kehadiran tenaga pendidik di lingungan UNS dalam kegiatan sosialisasi IRIS1103 masih rendah terutama sosialisasi yang dilaksanakan dalam bentuk komunikasi kelompok di LPPM UNS ataupun di fakultas (proses); 4) Masih adanya sikap kurang sadar atau terbebani dan kerepotan untuk mengupdate progresifitas P2M setiap komunikan, meskipun telah menerima dengan terbuka keberadaan dan penggunaan IRIS1103 (produk). Dengan demikian pelaksanaan kegiatan sosialisasi IRIS1103 kepada civitas akademika UNS dapat direkomendasikan untuk dilaksanakan dan dilanjutkan pada tahap berikutnya dengan penambahan atau perubahan pada aplikasi IRIS1103 yang disesuaikan dengan panduan P2M yang juga mengalami perubahan setiap tahunnya. Kata kunci: sosialisasi, efektivitas, model evaluasi CIPP

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 15 Mar 2017 15:44
    Last Modified: 15 Mar 2017 15:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31892

    Actions (login required)

    View Item