Kontribusi Penggunaan Lahan terhadap Volume Pergerakan Jaringan Jalan Penghubung Wilayah Pinggiran Menuju Kota Surakarta

ARIANTO, SHETO DWI (2017) Kontribusi Penggunaan Lahan terhadap Volume Pergerakan Jaringan Jalan Penghubung Wilayah Pinggiran Menuju Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (89Kb)

    Abstract

    Kota Surakarta sebagai salah satu kota besar Jawa Tengah yang berstatus sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN) dalam waktu belakangan ini mengalami perkembangan untuk mendukung status kotanya yang menjadi inti dari wilayah- wilayah sekitarnya. Interaksi antara Kota Surakarta dengan wilayah pinggiran yang terhubung dengan jaringan jalan penghubung berdampak pada internal Kota Surakarta yaitu berupa kemacetan di setiap masuk dan dalam Kota Surakarta akibat semakin tingginya pergerakan dari wilayah pinggiran menuju dalam kota. Tingginya guna lahan di sepanjang jaringan jalan penghubung dari wilayah pinggiran ke dalam Kota Surakarta diakibatkan karena terdapat perubahan guna lahan yang dulunya mayoritas lahan pertanian sekarang menjadi lahan terbangun. Dengan adanya perubahan pada lahan sekitar jaringan jalan penghubung tersebut maka menimbulkan makin beragam penggunaan lahan wilayah pinggiran Kota Surakarta terutama di sekitar jaringan jalan penghubungnya dan berdampak pada makin besar dan beragamnya pergerakan yang ditimbulkan. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui kontribusi penggunaan lahan terhadap volume pergerakan sepanjang jaringan jalan penghubung wilayah pinggiran menuju Kota Surakarta. Berdasarkan isu-isu tersebut, maka masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kontribusi penggunaan lahan terhadap volume pergerakan sepanjang wilayah pinggiran menuju Kota Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Kontribusi penggunaan lahan terhadap volume pergerakan diukur melalui jenis dan luasan guna lahan serta bangkitan-tarikan. Lalu setiap jaringan jalan penghubung dibedakan menjadi fungsi jalannya, kemudian setiap fungsi tersebut digeneralisasi sehingga terdapat karakteristik guna lahan didasarkan dari jenis guna lahannya. Lalu dibandingkan antara peringkat guna lahan serta volume pergerakannya. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa keberadaan guna lahan (sistem kegiatan) di sepanjang jaringan jalan penghubung wilayah pinggiran menuju Kota Surakarta menghasilkan pergerakan-pergerakan atau lalu lintas (sistem pergerakan) yang menambah beban jaringan jalan penghubung (sistem jaringan) tersebut akibat adanya pergerakan yang beragam dan didominasi oleh lahan terbangun yang memiliki aktivitas tinggi yang melibatkan banyak pergerakan akibat aktivitas tersebut dan tidak semua jenis guna lahan komersial mendominasi volume pergerakan. Kata Kunci: kontribusi, kontribusi penggunaan lahan terhadap volume pergerakan, penggunaan lahan, volume pergerakan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 15 Mar 2017 15:37
    Last Modified: 15 Mar 2017 15:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31889

    Actions (login required)

    View Item