PERSEPSI DOSEN DAN MAHASISWA TENTANG PRIOR KNOWLEDGE SEBAGAI BEKAL PEMBELAJARAN SKILLS LAB TOPIK INTERPRETASI ELEKTROKARDIOGRAFI

Nuraga, Hega Fitri (2017) PERSEPSI DOSEN DAN MAHASISWA TENTANG PRIOR KNOWLEDGE SEBAGAI BEKAL PEMBELAJARAN SKILLS LAB TOPIK INTERPRETASI ELEKTROKARDIOGRAFI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (22Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Hega Fitri Nuraga, G0013109, 2016. Persepsi Dosen dan Mahasiswa tentang Prior Knowledge sebagai Bekal Pembelajaran Skills Lab Topik Interpretasi Elektrokardiografi Latar belakang: Rendahnya tingkat kelulusan OSCE interpretasi elektrokardiografi (EKG) masih menjadi masalah di Progam Studi Kedokteran UNS. Mahasiswa melaksanakan skills lab interpretasi EKG pada semester III sedangkan blok kardiovaskular yang mengajarkan ilmu dasar jantung serta patologinya diajarkan di semester IV. Prior knowledge penting dalam pembelajaran skills lab. Ilmu dasar kardiovaskular merupakan prior knowledge penting sebagai bekal pembelajaran skills lab interpretasi EKG dan menjadi salah satu faktor penentu kelulusan OSCE interpretasi EKG, namun hal ini belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dosen dan mahasiswa tentang prior knowledge sebagai bekal pembelajaran skills lab interpretasi EKG. Metode penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta pada Agustus 2016. Informan pada penelitian ini adalah 5 dosen yang terlibat dalam skills lab interpretasi EKG berasal dari Bagian Kardiologi dan Kedokteran Vaskular RSUD Dr. Moewardi, Bagian Ilmu Penyakit Dalam RSUD Dr. Moewardi, Bagian Laboratorium Fisiologi FK UNS, dan pengelola Skills Lab FK UNS, serta 32 informan mahasiswa Program Studi Kedokteran UNS angkatan 2014. Metode pengumpulan data melalui Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan melalui content analysis. Hasil penelitian: Prior knowledge mahasiswa sebagai bekal pembelajaran skills lab interpretasi EKG masih kurang. Kurangnya prior knowledge disebabkan pelaksanaan skills lab dan OSCE intepretasi EKG mendahului Blok Kardiovaskular. Menurut informan, hal ini berpengaruh pada kurangnya prior knowledge mahasiswa dan tingginya angka ketidaklulusan OSCE interpretasi EKG. Simpulan penelitian: Prior knowledge menjadi salah satu faktor penentu tercapainya tujuan pembelajaran dalam skills lab. Pelaksanaan skills lab dan OSCE interpretasi EKG perlu dikaji ulang agar bisa selaras dengan Blok Kardiovaskular sehingga diharapkan prior knowledge untuk mempelajari skills lab interpretasi EKG lebih terpenuhi setelah mahasiswa melalui Blok Kardiovaskular. ________________________________________ Kata kunci: prior knowledge, Skills Lab, OSCE, interpretasi EKG

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 15 Mar 2017 13:28
    Last Modified: 15 Mar 2017 13:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31874

    Actions (login required)

    View Item