PEMBELAJARAN KREASI DECORATIVE PAINTING PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS X IPS 5 SMAN 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

R, ANGGA DISTANU (2017) PEMBELAJARAN KREASI DECORATIVE PAINTING PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS X IPS 5 SMAN 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (879Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Angga Distanu Rizkita “PEMBELAJARAN KREASI DEKORATIVE PAINTING PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS X IPS 5 SMAN 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016” Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran kreasi decorative painting di kelas X IPS 5 SMA Negeri 2 Surakarta (2) Minat siswa terhadap pembelajaran decorative painting di kelas X IPS 5 SMA Negeri 2 Surakarta (2) Visualisasi karya decorative painting yang dihasilkan siswa kelas X IPS 5 SMA Negeri 2 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu guru seni budaya dan siswa kelas X IPS 5 serta dokumentasi foto, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampel bertujuan. Uji keabsahan data yang digunakan triangulasi metode, triangulasi data dan review informant. Analisis data menggunakan model analisis mengalir yang terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Proses pembelajaran yang berlangsung telah menerapkan aspek-aspek pembelajaran meliputi : (a) persiapan antara lain : menyusun Rencana Pelaksanaaan Pembelajaran (RPP), menyiapkan media, materi, metode dan evaluasi pembelajaran. (b). Pelaksanaan pembelajaran antara lain : kegiatan awal, kegiatan inti dan evaluasi pembelajaran (2) Minat siswa pada pembelajaran decorative painting termasuk dalam kategori tinggi, hal ini ditunjukkan dari perolehan skor yang tinggi, antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan pengumpulan tugas tepat waktu. (3). Secara umum pembuatan karya decorative painting siswa sangat baik dan menunjukan visualisasi karya yang didalamnya terdapat penggayaan bentuk (stilasi bentuk) melalui garis, titik dan bidang yang disusun menjadi sebuah elemen hias dan penggunaan warna yang bebas, dengan menerapkan prinsip-prinsip dalam seni rupa seperti pengulangan garis (repetisi), pusat perhatian (point of interest), keselarasan, penekanan dan harmoni pada sebuah karya siswa. Kata kunci : Proses Pembelajaran, Decorative painting, Seni Budaya ABSTRACT Angga Distanu Rizkita. “The Learning of Decorative Painting Creation on Cultural Art Subject at Class X IPS 5 SMAN 2 Surakarta year 2015/2016”. Thesis, Faculty of Teaching Training and Education, Sebelas Maret University, November 2016. The aims of this research are to describe: (1) the process of the learning of decorative painting creation on Cultural Art Subject at class X IPS 5 SMAN 2 Surakarta, (2) the students’ interest on the learning of decorative painting creation on Cultural Art Subject at class X IPS 5 SMAN 2 Surakarta, (3) the visualization of decorative painting creation made by students of class X IPS 5 SMAN 2 Surakarta. In this research, the writer uses qualitative approach. The source of the data used is the chosen informants, namely the cultural art teacher, students of class X IPS 5, pictures, students’ creation, and archive documents. Techniques used are direct observation, depth-interview, documentation, and questionnaire. The sampling technique used is purposive sampling. Validity tests used are triangulation method, triangulation data, and informant review. Data analysis used is flowing analysis model which consists of data reduction, data presentation, and verification. From the results of this research, the writer can conclude that: (1) the teacher has been applying the aspects of teaching learning such as, (a) preparation comprising to compile lesson plan, media, matter, method, and learning evaluation, (b) lesson plan comprising the beginning, core activity, and final activity. (2) The students’ interest on the learning of decorative painting can be stated as high level proven by their score, their enthusiasm, and punctual task-submission. (3) Generally, the students’ creations of decorative painting are good and indicate about visualization of creation which consist of stylization through lines, dots, and strip. Those three are arranged to become an ornamental element and the utilization of free-used color by considering principles in fine art namely repetition, point of interest, harmonization, and repression on students’ creation. Keyword: Learning Process, Decorative Painting, Cultural Art

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 08 Mar 2017 15:13
    Last Modified: 08 Mar 2017 15:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31856

    Actions (login required)

    View Item