PERANCANGAN PEDOMAN MUTU LABORATORIUM PENDIDIKAN TEKNIK INDUSTRI UNS BERDASARKAN STANDAR ISO 9001 : 2015 (STUDI KASUS : LABORATORIUM SISTEM KUALITAS)

T, AMALIA ANANDA P (2017) PERANCANGAN PEDOMAN MUTU LABORATORIUM PENDIDIKAN TEKNIK INDUSTRI UNS BERDASARKAN STANDAR ISO 9001 : 2015 (STUDI KASUS : LABORATORIUM SISTEM KUALITAS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (91Kb)

    Abstract

    Pengelolaan mutu pendidikan mutlak diperlukan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran yang dilaksanakan di perguruan tinggi. Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia memiliki program pengelolaan mutu pendidikan, yang diantaranya adalah pengelolaan mutu laboratorium. Teknik Industri, sebagai salah satu program studi di Fakultas Teknik (FT) UNS turut serta dalam upaya peningkatan pengelolaan mutu laboratorium. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam rangka upaya peningkatan pengelolaan mutu laboratorium, dilakukan perancangan pedoman mutu laboratorium pendidikan di Program Studi Teknik Industri FT UNS, dengan studi kasus di Laboratorium Sistem Kualitas (LSK) berdasarkan Standar ISO 9001 : 2015. LSK merupakan laboratorium pendidikan yang memiliki tiga kegiatan utama yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian serta kegiatan pengelolaan sumber daya. Perancangan pedoman mutu ini bertujuan untuk menjamin pengelolaan LSK dapat sesuai dengan standar prosedur yang ada. Perancangan pedoman mutu dilakukan melalui 4 tahap yaitu identifikasi proses di LSK, identifikasi kebutuhan pedoman mutu di LSK dengan metode checklist, penyusunan pedoman mutu LSK, dan Focus Group Discussion (FGD). Proses bisnis dijabarkan dari setiap kegiatan, selanjutnya dilakukan pengecekan menggunakan checklist terhadap kebutuhan pedoman mutu yang terdiri dari 10 klausul ISO 9001 : 2015. Setelah itu, dilakukan penyusunan pedoman mutu LSK berdasarkan Standar ISO 9001 : 2015 yang memenuhi persyaratan 10 klausul standar ISO 9001 : 2015. Rancangan pedoman mutu LSK diverifikasi dengan mekanisme FGD untuk mendapatkan feedback dari kepala laboratorium, kepala program studi, dan tim penjaminan mutu FT. Pedoman mutu LSK yang berhasil dirancang terdiri dari 11 informasi dokumen yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan dan pengajaran, 5 informasi dokumen berkaitan dengan kegiatan penelitian dan pengabdian, serta 11 informasi dokumen berkaitan dengan kegiatan pengelolaan sumber daya. Rancangan pedoman mutu LSK yang dihasilkan telah mengakomodasi kebutuhan informasi dokumen standar ISO 9001 : 2015 termasuk pedoman kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di LSK berkaitan dengan klausul enam yang membahas manajemen risiko. Kata kunci : Laboratorium Pendidikan, ISO 9001 : 2015, Pedoman Mutu.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 08 Mar 2017 14:39
    Last Modified: 08 Mar 2017 14:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31855

    Actions (login required)

    View Item