PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

A, ROHANA PUTRI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (721Kb)

    Abstract

    Rohana Putri Agustina. K3312068. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI MIA SMA NEGERI I SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2016. Tujuan penelitian ini untuk (1) meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas XI MIA SMA Negeri I Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi koloid, (2) meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri I Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi koloid. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap persiapan, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan pada kelas XI MIA 1 SMA Negeri I Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes dan teknik non tes (observasi, angket, kajian data, dan wawancara). Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Koloid kelas XI MIA 1 SMA Negeri I Sukoharjo dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa, dari 27,5% pada prasiklus, menjadi 72,5% pada siklus I, dan menjadi 97,5% pada siklus II, (2) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Koloid kelas XI MIA 1 SMA Negeri I Sukoharjo dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan 52,5% pada siklus I, meningkat menjadi 95% pada siklus II. Prestasi belajar siswa pada aspek sikap telah tuntas 100% pada siklus I, dan pada aspek keterampilan tuntas 100% pada siklus I.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 06 Mar 2017 14:58
    Last Modified: 06 Mar 2017 14:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31842

    Actions (login required)

    View Item