Penerapan Theory of Planned Behavior dan Fraud Triangle terhadap Analisis Perilaku Tidak Etis dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Belanja Daerah (Studi Kasus Pertanggungjawaban Biaya Perjalanan Dinas di Papua)

KAWA, ERLANGGA PATI (2017) Penerapan Theory of Planned Behavior dan Fraud Triangle terhadap Analisis Perilaku Tidak Etis dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Belanja Daerah (Studi Kasus Pertanggungjawaban Biaya Perjalanan Dinas di Papua). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1648Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penerapan theory of planned behavior dan fraud triangle terhadap analisis perilaku tidak etis dalam rangka pelaksanaan anggaran belanja daerah, studi kasus pertanggungjawaban biaya perjalanan dinas di papua. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: sikap berperilaku, norma subjektif, kontrol perilaku yang dipersepsikan, kewajiban moral, insentif/tekanan, kesempatan, niat/kemauan berperilaku tidak etis, serta perilaku tidak etis. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada instansi pemerintah di wilayah Provinsi Papua. Penelitian ini menggunakan metode accidental sampling/convenient sampling dimana peneliti membagikan kuesioner pada orang yang dipilih berdasarkan kemudahan aksesibilitas. Dari total 210 kuesioner yang disebarkan, sebanyak 159 kuesioner memenuhi syarat untuk diolah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap berperilaku memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap niat/kemauan berperilaku tidak etis. Niat/kemauan berperilaku tidak etis dan kontrol perilaku yang dipersepsikan memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap perilaku tidak etis. Sebaliknya, norma subjektif, kontrol perilaku yang dipersepsikan, kewajiban moral, insentif/tekanan, dan kesempatan tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap niat/kemauan berperilaku tidak etis.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 04 Mar 2017 11:14
    Last Modified: 04 Mar 2017 11:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31834

    Actions (login required)

    View Item