HUBUNGAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DAN PERSEPSI CARA MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IX SMP NEGERI 24 SURAKARTA SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2015/2016

MUJAHID, AHMAD (2017) HUBUNGAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DAN PERSEPSI CARA MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IX SMP NEGERI 24 SURAKARTA SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1166Kb)

    Abstract

    Ahmad Mujahid. HUBUNGAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DAN PERSEPSI CARA MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IX SMP NEGERI 24 SURAKARTA SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh rasa percaya diri siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IX SMP Negeri 24 Surakarta tahun ajaran 2015/2016, mendeskripsikan pengaruh persepsi cara mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IX SMP Negeri 24 Surakarta tahun ajaran 2015/2016, serta mendeskripsikan pengaruh rasa percaya diri siswa dan persepsi cara mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IX SMP Negeri 24 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi. Dalam penelitian ini populasinya adalah siswa kelas IX E, F, G, dan H SMP N 24 Surakarta (196 siswa) dengan sampel sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data ada dua macam yaitu teknik angket dengan jenis angket tertutup dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara rasa percaya diri siswa dengan pretasi belajar IPS (α>sig yaitu 0,05>0,001). (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi cara mengajar guru dengan prestasi belajar IPS (α>sig yaitu 0,05>0,017). (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara rasa percaya diri siswa dan persepsi cara mengajar guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. (nilai signifikansi < 0,005, yaitu bernilai 0) dan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,449 atau 44,9% yang berarti pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel rasa percaya diri siswa dan persepsi cara mengajar guru terhadap prestasi belajar IPS adalah sebesar 44,9% sedangkan 55,1% dipengaruhi oleh variabel lain atau faktor-faktor lain. Kata Kunci: Percaya diri, Persepsi, Cara Mengajar, Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 04 Mar 2017 10:55
    Last Modified: 04 Mar 2017 10:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31829

    Actions (login required)

    View Item