PENGUATAN MODEL PEMBELAJARAN ACTION LEARNING APPROACH DALAM UPAYA PEMBENTUKAN GOOD CITIZEN (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP N 16 Surakarta Tahun Ajaran 2015 / 2016)

H, ACHMAD MARWAN NUR (2017) PENGUATAN MODEL PEMBELAJARAN ACTION LEARNING APPROACH DALAM UPAYA PEMBENTUKAN GOOD CITIZEN (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP N 16 Surakarta Tahun Ajaran 2015 / 2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1801Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Achmad Marwan Nurhadi K6412001 PENGUATAN MODEL PEMBELAJARAN ACTION LEARNING APPROACH DALAM UPAYA PEMBENTUKAN GOOD CITIZEN (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP N 16 Surakarta Tahun Ajaran 2015 / 2016) Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2016. Tujuan penelitian ini sesuai yang terdapat pada rumusan masalah yakni: 1) Untuk mengetahui pemetaan penguatan model pembelajaran action learning approach dalam upaya pembentukan good citizen. 2) Untuk mengidentifikasi penguatan model pembelajaran action learning approach dalam upaya pembentukan good citizen. 3) Untuk mengetahui penerapan penguatan model pembelajaran action learning approach tersebut dalam mata pelajaran PKn di SMP N 16 Surakarta dalam upaya pembentukan good citizen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa, dan dokumen. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Pemetaan penguatan model pembelajaran action learning approach dalam upaya pembentukan good citizen sebagai berikut: a) guru mengetahui serta menganalisa konsep model pembelajaran action learning approach; b) terdapat kaitan antara model pembelajaran action learning approach dengan nilai-nilai karakter; c) terdapat kaitan antara model pembelajaran action learning approach sebagai usaha dalam membentuk good citizen. 2) Identifikasi penguatan model pembelajaran action learning approach sebagai upaya pembentukan good citizen sebagai berikut: a) Kegiatan Dalam Menyusun Penguatan Model Pembelajaran Action Learning Approach Sebagai Upaya Pembentukan Good Citizen; b) Perencanaan penguatan model pembelajaran Action Learning Approach dalam upaya sebagai pembentukan Good citizen. Perencanaan yang dilakukan guru Pkn mengintegrasikan nilai-nilai karakter dengan silabus maupun rencana pembelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap sebagai good citizen; 3) Penerapan penguatan model pembelajaran Action Learning Approach pada mata pelajaran PKn yakni sebagai berikut: a) tahap pendahuluan, disini guru mampu mengasosiasikan serta mengembangkan lima nilai-nilai karakter yakni: jujur, tanggung jawab, berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif. b) tahapan inti yakni guru menyajikan materi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Action Learning Approach. c) tahap yang terakhir guru sebelum megakhiri pemebalajaran mengajak siswa untuk merefleksi pembelajaran yang sudah disampaikan serta menutup pembelajaran dengan doa. Kata Kunci: Action Learning Approach, Good Citizen, Nilai Karakter

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 04 Mar 2017 10:48
    Last Modified: 04 Mar 2017 10:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31827

    Actions (login required)

    View Item