Karakteristik Marshall Pada Campuran Aspal Beton Menggunakan Daspal Modifikasi sebagai Bahan Pengikat

IRFANSYA, PERMANA ADI (2017) Karakteristik Marshall Pada Campuran Aspal Beton Menggunakan Daspal Modifikasi sebagai Bahan Pengikat. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (32Kb)

    Abstract

    Permana Adi Irfansyah, 2016. Karakteristik Marshall pada Campuran Aspal Beton Menggunakan Daspal Modifikasi sebagai Bahan Pengikat. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Kebutuhan aspal dari miyak bumi sebagai bahan pembuatan perkerasan jalan sangat besar, sedangkan minyak bumi tergolong sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui. Akibatnya minyak bumi semakin menipis dan harganya cenderung semakin mahal. Sehingga membutuhkan bahan alternatif lain sebagai pengganti aspal konfensional yaitu aspal yang berasal dari biomassa atau sering disebut bioaspal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik marshall pada campuran aspal beton dengan bahan pengikat damar aspal (daspal) modifikasi berupa nilai rongga dalam agregat, rongga dalam campuran, rongga terisi daspal, stabilitas, kelelehan, marshall quotient, kadar daspal optimum dan membandingkannya dengan persyaratan tes marshall yang diterbitkan oleh bina marga tahun 1987 dan Spesifikasi Umum Bina Marga 2010 (Revisi 3). Penelitian ini menggunakan metode eksperimental di laboratorium dengan benda uji yang terbuat dari campuran beton dengan bahan pengikat damar aspal (daspal) modifikasi dan campuran gradasi agregat no VII SNI 03-1737-1989. Pengujian ini menggunakan 15 benda uji yang terbagi dalam 5 kadar daspal yakni kadar daspal 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, dan 7%,. Setiap kadar daspal menggunakan 3 buah benda uji. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat uji marshall untuk mendapatkan nilai kelelehan dan stabilitas yang selanjutnya dapat dicari nilai kadar daspal optimum. Hasil analisis terhadap campuran aspal beton dengan bahan pengikat damar aspal (daspal) modifikasi didapatkan kadar daspal optimum pada kadar daspal 5,242% sehingga semua karakteristik sudah memenuhi persyaratan dan spesifikasi kecuali nilai VIM, VMA, dan flow. Kata kunci : Daspal, Aspal Beton, Marshall

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 03 Mar 2017 15:31
    Last Modified: 03 Mar 2017 15:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31824

    Actions (login required)

    View Item