DINAMIKA KERAJINAN BONGGOL JATI DI DESA BANGUNREJO KIDUL, KECAMATAN KEDUNGGALAR, KABUPATEN NGAWI, JAWA TIMUR (Studi Kasus Sosial Ekonomi Tahun 1997-2014)

RAHAYU, NANA DIYANTI (2017) DINAMIKA KERAJINAN BONGGOL JATI DI DESA BANGUNREJO KIDUL, KECAMATAN KEDUNGGALAR, KABUPATEN NGAWI, JAWA TIMUR (Studi Kasus Sosial Ekonomi Tahun 1997-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (854Kb)

    Abstract

    ABSTRAK NANA DIYANTI RAHAYU. C0512037. 2016. Dinamika Kerajinan Bonggol Jati Di Desa Bangunrejo Kidul, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur (Studi Sejarah Sosial-Ekonomi Tahun 1997-2014). Skripsi: Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan perkembangan, serta untuk mengetahui dampak yang terjadi akibat dari kerajinan bonggol jati di Desa Bangunrejo Kidul, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur tahun 1997-2014. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode sejarah yang dimulai dari tahap heuristik (pengumpulan sumber), kritik sumber (kritik intern dan kritik ekstern), interpretasi/ penafsiran, dan historiografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka. Dari hasil pengumpulan data kemudian dianalisis dan di interpretasikan berdasarkan kronologinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya kerajinan bonggol jati di Desa Bangunrejo Kidul membuat mata pencaharian masyarakat menjadi semakin beragam, tidak hanya terpaku pada sektor pertanian saja namun juga pada sektor usaha kerajinan. Dengan adanya usaha kerajinan bonggol jati di Desa Bangunrejo Kidul telah membawa perubahan dalam aspek sosial dan ekonomi masyarakat Desa Bangunrejo Kidul ke arah yang lebih maju. Dalam pemasaran kerajinan bonggol jati tidak hanya pasaran lokal saja seperti Solo, Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bali dan Kalimantan, namun juga ke mancanegara seperti Jepang dan Malaysia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah karena menyempitnya lahan pertanian dan meningkatnya akan kebutuhan hidup, serta kondisi wilayah desa yang dekat dengan wilayah hutan KPH Ngawi telah melatarbelakangi munculnya usaha kerajinan bonggol jati di Desa Bangunrejo Kidul. Perkembangan kerajinan bonggol jati yang semakin maju telah membawa perubahan sosial dan ekonomi. Perubahan sosial yang terjadi adalah dengan perubahan status sosial dan hubungan sosial pengrajin di dalam masyarakat, serta perubahan ekonomi yang terjadi akibat adanya kerajinan bonggol jati adalah terbukanya lapangan pekerjaan dan peningkatan taraf hidup pengusaha dan tenaga kerja. Kata kunci: Kerajinan bonggol jati, Desa Bangunrejo Kidul, Perubahan sosial, Perubahan ekonomi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Ilmu Sejarah
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 03 Mar 2017 12:15
    Last Modified: 03 Mar 2017 12:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31800

    Actions (login required)

    View Item