PENGARUH KONSENTRASI SUKROSA TERHADAP PERTUMBUHAN Saccharomyces cerevisiae PADA PRODUKSI PROTEIN SEL TUNGGAL DENGAN MEDIA LIMBAH CAIR TAHU

WIBOWO, TEGUH (2017) PENGARUH KONSENTRASI SUKROSA TERHADAP PERTUMBUHAN Saccharomyces cerevisiae PADA PRODUKSI PROTEIN SEL TUNGGAL DENGAN MEDIA LIMBAH CAIR TAHU. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (479Kb)

    Abstract

    Limbah cair tahu berpotensi menimbulkan pencemaran apabila tidak ditangani dengan tepat. Limbah cair tahu ini masih mengandung senyawa organik sebagai sumber C dan N sehingga dapat dimanfaatkan sebagai substrat pertumbuhan mikroba dalam menghasilkan protein sel tunggal (PST). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penambahan variasi konseentrasi sukrosa terhadap pertumbuhan S. cerevisiae dalam media limbah cair tahu serta mengetahui konsentrasi sukrosa optimum untuk menghasilkan produksi biomassa dan protein S. cerevisiae paling tinggi. Pertumbuhan diamati dengan cara perhitungan jumlah sel menggunakan hemasitometer pada jam ke-24, 48, 72 dan 96. Pengukuran biomassa sel diukur berdasarkan berat kering sel dengan cara ditimbang. Pengukuran kadar protein S. cerevisiae diukur dengan metode Bradford menggunakan spektrofotometer pada λ590 nm. Analisis data berupa pertumbuhan sel S. cerevisiae, biomassa, kadar dan produksi protein menggunakan Analysis of Variance (ANAVA), dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf signifikan 5%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QL Zoology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 03 Mar 2017 11:04
    Last Modified: 03 Mar 2017 11:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31781

    Actions (login required)

    View Item