BERITA TENTANG POLEMIK TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE (Studi Analisis Isi Berita Polemik Transportasi Berbasis Online pada Surat Kabar Harian Tempo dan Surat Kabar Harian Kompas Periode Bulan November 2015-Bulan Maret 2016)

W, GHARDIKA ERVAN (2017) BERITA TENTANG POLEMIK TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE (Studi Analisis Isi Berita Polemik Transportasi Berbasis Online pada Surat Kabar Harian Tempo dan Surat Kabar Harian Kompas Periode Bulan November 2015-Bulan Maret 2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (332Kb)

    Abstract

    Ghardika Ervan Widjanarko, D0212047, PEMBERITAAN TENTANG POLEMIK TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE PADA SURAT KABAR HARIAN TEMPO DAN KOMPAS (Studi Analisis Isi Berita Polemik Transportasi Berbasis Online pada Surat Kabar Harian Tempo dan Surat Kabar Harian Kompas Periode Bulan November 2015-Bulan Maret 2016), Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, November 2016. Polemik transportasi berbasis online mendapat perhatian berbagai pihak tak terkecuali media surat kabar harian atau koran. Surat kabar harian mempunyai fungsi untuk mengabarkan berita ini kepada khalayak luas. Namun dalam melakukan pemberitaannya, suatu surat kabar harian memberitakan berita tersebut sesuai dengan kepentingan dan kebijakan redaksional masing-masing yang berbeda. Sehingga terdapat perbedaan pemberitaan di antara satu surat kabar dengan surat kabar lainnya. Dalam penelitian kali ini, peneliti ingin melihat apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam pemberitaan polemik transportasi berbasis online di Surat Kabar Harian Tempo dan Surat Kabar Harian Kompas periode Bulan November 2015-Bulan Maret 2016 berdasarkan perbandingan frekuensi, ragam isi penyajian atau berita, penempatan berita di halaman, dan sumber berita. Peneliti menggunakan metode penelitian deskripsi dengan teknik penelitian analisis isi pada sampel seluruh pemberitaan yang sesuai kriteria. Selanjutnya temuan data diuji secara kuantitatif dengan uji chi square untuk melihat apakah ada perbedaan signifikan penyajian berita pada kedua surat kabar tersebut. Terdapat perbedaan pada masing-masing kategori, akan tetapi tidak menunjukan hasil yang signifikan. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kategori frekuensi pemberitaan karena menunjukan angka Pearson chi-square sebesar 0.215. Angka tersebut lebih (>) 0.05 atau di atas 0.05 sebagai batas ambang maksimal dikatakan sebagai perbedaan yang signifikan. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kategori ragam isi penyajian atau topik berita karena menunjukan angka Pearson chi-square sebesar 0.416. Angka tersebut lebih (>) 0.05 atau di atas 0.05 sebagai batas ambang maksimal dikatakan sebagai perbedaan yang signifikan. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kategori penempatan berita di halaman karena menunjukan angka Pearson chi-square sebesar 0.842. Angka tersebut lebih (>) 0.05 atau di atas 0.05 sebagai batas ambang maksimal dikatakan sebagai perbedaan yang signifikan. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kategori sumber berita karena menunjukan angka Pearson chi-square sebesar 0.994. Angka tersebut lebih (>) 0.05 atau di atas 0.05 sebagai batas ambang maksimal dikatakan sebagai perbedaan yang signifikan. Kata Kunci: analisis isi, polemik transportasi berbasis online, kebijakan redaksional

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Mar 2017 15:17
    Last Modified: 02 Mar 2017 15:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31774

    Actions (login required)

    View Item