Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Software Macromedia Flash dan Software Powerpoint Terhadap Prestasi Belajar Sistem EFI Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa di SMK Negeri Kabupaten Sragen

MAIDI, BAGUS (2017) Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Software Macromedia Flash dan Software Powerpoint Terhadap Prestasi Belajar Sistem EFI Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa di SMK Negeri Kabupaten Sragen. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (51Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Bagus Maidi. S811108062. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Software Macromedia Flash dan Software PowerPoint Terhadap Prestasi Belajar Sistem EFI Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Di SMK Negeri Kabupaten Sragen. Tesis. Surakarta : Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2016 Tujuan penelitian ini adalah meneliti 1.Pengaruh penggunaan media terhadap prestasi belajar EFI Teknik Otomotif Kendaraan Ringan, 2.Pengaruh dari minat belajar siswa terhadap prestasi belajar EFI Teknik Otomotif Kendaraan Ringan, 3.Intetraksi pengaruh antara penggunaan media dengan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar EFI Teknik Otomotif Kendaraan Ringan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri di Kabupaten Sragen pada tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri di Kabupaten Sragen yang mempunyai jurusan Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TOKR). Populasi ini terdiri dari siswa kelas XII Program Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TOKR) SMK Kabupaten Sragen Tahun 2016-2017. Yaitu terdapat 10 SMK Negeri di Kabupaten Sragen yaitu : SMK Negeri 2 Sragen, SMK Negeri 1 Miri, SMK Negeri 1 Plupuh, SMK Negeri 1 Kalijambe, SMK Negeri 1 Mondokan, SMK Negeri 1 Gesi, SMK Negeri 1 Gondang, SMK Negeri 1 Sambirejo, SMK Negeri 1 Kedawung, dan SMK Negeri 1 Jenar. 1. Dari 10 SMK Negeri di Kabupaten Sragen diperoleh sampel dua SMK secara random yaitu SMK Negeri 1 Miri dan SMK Negeri 1 Kalijambe. Dari dua SMK Negeri diperoleh masing-masing satu kelas secara random yaitu kelas XII TOKR4 SMK Negeri 1 Miri Sragen dan XII TOKR1 SMK Negeri 1 Kalijambe. Dari dua kelas yang diperoleh kelas eksperiment dengan menggunakan Macromedia Flash dan menggunakan Ms.Powerpoint. Kelas eksperiment yang menggunakan Macromedia Flash adalah SMK Negeri 1 Miri dan Kelas ekperiment yang menggunakan Ms.Powerpoint adalah SMK Negeri 1 Kalijambe. Hasil analisis dengan menggunakan taraf signifikasi 5% didapat (1) Ada perbedaan signifikan antara bahan ajar Macromedia Flash dan PowerPoint terhadap hasil belajar EFI. (2) Ada perbedaan signifikan antara tingkat minat belajar tinggi dan rendah terhadap hasil belajar EFI. (3) Ada interaksi pengaruh yang signifikan antara penggunaan media dan minat terhadap hasil belajar EFI. Terbuktinya pengaruh bersama penggunaan media dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, menunjukkan bahwa penggunaan media yang digunakan oleh guru, memiliki kemampuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran siswa SMK Negeri 1 Miri dan SMK Negeri 1 Kalijambe Sragen. Peningkatan pemahaman tersebut merupakan dampak positif dari penggunaan media dan minat belajar siswa, sehingga dengan penggunaan media yang tepat tersebut siswa mampu lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Kata Kunci : Media, Multimedia Pembelajatan Interaktif, EFI

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Mar 2017 15:09
    Last Modified: 02 Mar 2017 15:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31771

    Actions (login required)

    View Item