PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 GROGOL KEDIRI TAHUN 2016

LESTARI, SRI (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 GROGOL KEDIRI TAHUN 2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (358Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: menguji keefektifan multimedia pembelajaran ekonomi berbasis macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Grogol Kediri Tahun 2016. Penelitian dan pengembangan multimedia pembelajaran ini menggunakan prosedur yang terdiri dari tiga langkah yaitu pendahuluan, pengembangan dan pengujian. Studi pendahuluan dilakukan dengan studi pustaka dan studi lapangan. Studi lapangan dengan melakukan analisis kurikulum, guru, sarana dan prasarana sekolah, lingkungan dan karakteristik siswa. Hasil studi pendahuluan menjelaskan bahwa hasil belajar siswa rendah, 166 siswa dari 343 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM 75. Hasil analisis angket kebutuhan media, siswa kurang senang dengan pembelajaran ekonomi disebabkan yaitu: materi ekonomi hafalan, kurang menarik, sumber belajar terbatas buku pegangan siswa dan pemanfaatan media komputer belum dilakukan guru ekonomi. Guru dan siswa ingin menggunakan media yang menarik dalam pembelajaran ekonomi. Tahap pengembangan menggunakan model pengembangan konseptual dari Dick, Carey and Carey yang terdiri atas 9 tahap. Penyusunan draft multimedia pembelajaran ekonomi dilakukan melalui langkah-langkah seperti; menentukan KI dan KD, tujuan pembelajaran, membuat GBPM, membuat flowchart, membuat storyboard, mengumpulkan bahan, dan pemograman. Draft multimedia pembelajaran berisi: halaman judul program, informasi fungsi tombol, menu belajar, KI dan KD, tujuan pembelajaran, peta kompetensi, peta konsep, materi, evaluasi, referensi, dan profil pengembang. Hasil penilaian kelayakan produk dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan ahli praktisi. Hasil penilaian ahli dan uji coba terbatas bahwa multimedia layak digunakan. Tahap pengujian menerapkan prosedur eksperimen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa multimedia pembelajaran ekonomi berbasis macromedia flash efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai significance level (0,013) < 0,05 atau t hitung 2,546. Adanya kenaikan rata-rata nilai hasil belajar dari pre-test ke post-test. Rata-rata nilai pre-test (50,13) naik menjadi (77,89) pada post-test. Hasil uji-t menunjukkan bahwa pada mean post-test kelas eksperimen (77,89) dan kelas kontrol (70,54). Ada perbedaan mean post-test sebesar 7,35 poin. Perbedaan mean post-test menjelaskan bahwa multimedia pembelajaran ekonomi berbasis macromedia flash efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran Ekonomi, Macromedia Flash, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Mar 2017 14:43
    Last Modified: 02 Mar 2017 14:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31765

    Actions (login required)

    View Item