POLA MIGRASI INTERNASIONAL TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) ASAL KECAMATAN KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2016 (Suplemen Kurikulum 2013 SMA Kelas XI KD 3.3 Menganalisis Dinamika dan Masalah Kependudukan serta Sumber Daya Manusia di Indonesia)

ALAJI, RIYAN (2017) POLA MIGRASI INTERNASIONAL TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) ASAL KECAMATAN KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2016 (Suplemen Kurikulum 2013 SMA Kelas XI KD 3.3 Menganalisis Dinamika dan Masalah Kependudukan serta Sumber Daya Manusia di Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (908Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Riyan Alaji. K5412067. Pola Migrasi Internasional Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Asal Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap Tahun 2016 (Suplemen Kurikulum 2013 KD 3.3 Menganalisis Dinamika dan Masalah Kependudukan serta Sumber Daya Manusia di Indonesia).Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) karakteristik sosial demografi TKI asal Kecamatan Kawunganten.(2) dampak positif dan dampak negatif yang timbul dari migrasi internasional TKI asal Kecamatan Kawunganten. (3) pola migrasi internasional yang dilakukan TKI asal Kecamatan Kawunganten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan case study. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah snowball sampling, terdiri dari mantan TKI, keluarga TKI, perangkat desa, penyalur, PPTKIS, dan Dinsosketrans. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawacara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi literatur. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif dan penjodohan pola. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) karakteristik sosial demografi TKI asal Kecamatan Kawunganten, yaituTKI didominasi kaum perempuan dan kebanyakan dari mereka sudah menikah, dimana suami mereka mayoritas bekerja serabutan dengan penghasilan tidak tetap serta banyak anak-anak mereka yang masih sekolah. (2) dampak positif yang dirasakan TKI asal Kecamatan Kawunganten, antara lain kebutuhan rumah tangga TKI terpenuhi, anak-anak TKI dapat bersekolah, hutang dapat dilunasi, TKI mampu berinvestasi, rumah TKI menjadi bagus, beberapa TKI memiliki rumah, beberapa TKI memperoleh ketrampilan lain, pembangunan prasarana desa dan pengadaan kegiatan sosial dapat berlangsung.Dampak negatif yang timbul adalah hubungan rumah tangga menjadi kurang harmonis dan perceraian. (3) pola migrasi internasional yang dilakukan TKI, antara lain pola migrasi berangkat-pulang-berangkat lagi ke negara yang sama, pola migrasi berangkat-pulang-berangkat lagi ke negara yang berbeda dan pola migrasi berangkat-pulang. Kata Kunci: pola migrasi internasional, TKI

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Mar 2017 14:38
    Last Modified: 02 Mar 2017 14:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31764

    Actions (login required)

    View Item