FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN DIRI MELALUI PENDIDIKAN (Kasus Mahasiswa STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Pertanian di Yogyakarta)

ISMARLIN, INA FITRIA (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN DIRI MELALUI PENDIDIKAN (Kasus Mahasiswa STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Pertanian di Yogyakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (142Kb)

    Abstract

    Ina Fitria Ismarlin, S620207004, 2016, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN DIRI MELALUI PENDIDIKAN” (Kasus Mahasiswa STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Pertanian Di Yogyakarta) TESIS. Pembimbing I: Dr. Ir. Eny Lestari, M.Si., Pembimbing II: Dr. Sapja Anantanyu, S.P., M.Si. Magister Penyuluhan Pembangunan, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (PPs- UNS) ABSTRAK Untuk mempercepat pembangunan pertanian di Indonesia, setiap petugas perlu diberi kesempatan untuk belajar mengembangkan keterampilan-keterampilan baru dan meningkatkan keahlian khususnya selama ia masih aktif dalam jabatannya. Ini merupakan salah satu upaya peningkatan kapasitas SDM pertanian guna meningkatkan kesejahteraan para petani. Sumberdaya pertanian yang dimaksud, selain petani juga aparaturnya yang didalamnya termasuk penyuluh pertanian. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Jurusan Penyuluhan Pertanian di Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Kementerian Pertanian, yang bertugas melaksanakan pendidikan profesional di bidang penyuluhan pertanian. STPP Magelang terdiri dari 2 (dua) Program studi yaitu Program Studi Penyuluhan Pertanian di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Program Studi Penyuluhan Peternakan di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Saat ini STPP Jurluhtan Yogyakarta mempunyai 118 orang mahasiswa tugas belajar yang merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui faktor karakteristik mahasiswa, dukungan dari pengajar, dukungan atas fasilitas belajar terhadap motivasi belajar penyuluh yang mengikuti pendidikan di STPP Magelang Jurluhtan Yogyakarta, (2) Mengetahui faktor karakteristik mahasiswa, dukungan dari pengajar, dukungan atas fasilitas belajar terhadap hasil belajar penyuluh yang mengikuti pendidikan di STPP Magelang Jurluhtan Yogyakarta. Untuk mengumpulkan informasi dalam menganalisis penelitian ini maka 60 orang mahasiswa sebagai responden dipilih dengan teknik sampel berstrata tidak proporsional (disproportional stratified random sampling). Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisa jalur (path analysis). Berdasarkan dari hasil analisis penelitian disimpulkan bahwa : (1) Motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi secara simultan oleh karakteristik mahasiswa, dukungan pengajar, dan dukungan fasilitas, (2) Hasil belajar mahasiswa dipengaruhi secara simultan oleh karakteristik mahasiswa, dukungan pengajar, dan dukungan fasilitas secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi belajar sebagai pemediasi. Kata kunci : penyuluh, pertanian, motivasi, kapasitas, pendidikan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > TH Building construction
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Penyuluhan Pembangunan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Mar 2017 14:09
    Last Modified: 02 Mar 2017 14:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31755

    Actions (login required)

    View Item