PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK ENVIRONMENTAL DISCLOSURE (Studi pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia)

RIHANJOYO, HAGUNG (2017) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK ENVIRONMENTAL DISCLOSURE (Studi pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1216Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh karakteristik perusahaan terhadap praktik environmental disclosure di Indonesia. Penelitian ini menguji pengaruh beberapa variabel, yaitu size, profitabilitas, leverage,cakupan operasional dan tipe industri. Dalam penelitian ini environmental disclosure diukur mengacu pada Global Reporting Innitiative 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2011-2013, sedangkan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random berbasis alokasi proporsional. Metode analisis data penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran (size) perusahaan tidak berpengaruh positif terhadap environmental disclosure. Hasil lain menunjukkan bahwa variabel leverage berpengaruh negatif terhadap environmental disclosure. Variabel profitabilitas berpengaruh positif terhadap environmental disclosure. Cakupan operasional perusahaan berpengaruh terhadap environmental disclosure. Sedangkan tipe industri tidak berpengaruh terhadap environmental disclosure.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 28 Feb 2017 15:53
    Last Modified: 28 Feb 2017 15:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31752

    Actions (login required)

    View Item