PERILAKU ZAPPING PENDENGAR RADIO (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Pendengar Aktif Manajemen Hati FM Radio Solo)

FITRI, SENJA KURNIA (2017) PERILAKU ZAPPING PENDENGAR RADIO (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Pendengar Aktif Manajemen Hati FM Radio Solo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (913Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Senja Kurnia Fitri. D1214069. ¬¬¬PERILAKU ZAPPING PENDENGAR RADIO (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Pendengar Aktif Manajemen Hati FM Radio Solo). Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2016. Zapping merupakan kebiasaan pendengar atau pemirsa mengganti-ganti saluran yang sedang ditonton atau didengarnya. Biasanya dilakukan ketika iklan disiarkan. Pendengar radio pun banyak yang melakukan zapping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab pendengar MH FM Radio melakukan zapping yang dapat dijadikan sebagai refleksi dan acuan untuk meningkatkan kualitas program siaran. Untuk MH FM Radio pada khususnya, serta untuk radio-radio kompetitor yang pendengarnya juga melakukan zapping. Penelitian ini mengkolaborasikan 2 model yaitu model media use W. Rubin & Windahl dan model penggunaan & ketergantungan Melvin DeFleur dan Sandra Ball-Rokeach digunakan untuk menjelaskan alasan melakukan zapping. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan partisipan 30 pendengar aktif MH FM Radio berdasarkan data yang didapat pada bulan April hingga Mei 2016. Teknik analisis data berupa tabel kontingensi dari cross tab menggunakan program SPSS. Teknik sampling dilakukan menggunakan purposive sampling dengan kriteria responden adalah mereka yang merupakan pendengar setia MH FM Radio, rutin menyimak setiap harinya dan selalu atensi minimal 2 program setiap harinya. Teknik pengumpulan data menggunakan diary journal yang merupakan kembangan dari Audience Research, BBC World Service, Graham Mytton (1992). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab pendengar MH FM Radio melakukan zapping adalah pengaruh dari pergeseran jangkauan segmentasi MH FM Radio. Selain pengaruh iklan komersial sebanyak 30%, 40% pendengar MH FM Radio melakukan zapping karena mereka ingin menyimak lagu konvensional terbaru selain nasyid. Hal ini ada kaitannya dengan perubahan segmentasi pendengar MH FM Radio ketika hijrah dari franchise MQ FM Bandung pada tahun 2004 – 2009, lalu memutuskan untuk mendirikan radio sendiri pada tahun 2010 dan berganti nama menjadi MH FM Radio. Kata Kunci : Zapping, Pendengar Aktif, MH FM Radio.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 28 Feb 2017 14:21
    Last Modified: 28 Feb 2017 14:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31731

    Actions (login required)

    View Item