PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X IPA 7 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR

K, AWALIA RIFDAH NUR (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X IPA 7 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (224Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Awalia Rifdah Nur Karyati. K2312014. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X IPA 7 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR.Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan sikap ilmiah siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode eksperimen pada siswa kelas X IPA 7 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kurt Lewin, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 7 SMA Negeri 1 Karanganyar semester genap Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 40 siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode eksperimen dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas X IPA 7 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan melalui jumlah siswa yang berada dikategori sangat baik dan baik pada siklus I pertemuan pertama sebanyak 66,1 % siswa, siklus I pertemuan kedua sebanyak 79,7 % siswa, siklus II pertemuan pertama sebanyak 82,9 % siswa, dan siklus II pertemuan kedua 92,1 %. Hasil pada siklus II tersebut telah mencapai indikator keberhasilan kinerja, yaitu sebesar 75 % berkriteria sangat baik dan baik. Kata kunci : model Problem Based Learning, metode eksperimen, sikap ilmiah, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 28 Feb 2017 13:55
    Last Modified: 28 Feb 2017 13:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31725

    Actions (login required)

    View Item