PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AYUNINGTYAS, WINANTI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (198Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Winanti Ayuningtyas. K1312077. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2016. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan pendekatan kontekstual kelas VIII C SMP Negeri 1 Kartasura; 2) Untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan pendekatan kontekstual; dan 3) Untuk meningkatkan kemampuan representasi siswa dengan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan observasi. Teknik uji validitas data adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data adalah dengan teknik stastistik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data tentang pelaksanaan pembelajaran dengan model Number Head Together (NHT) dengan pendekatan kontekstual dan data kemandirian belajar siswa melalui observasi, dan data tentang kemampuan representasi siswa melalui tes. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah 1) Rata-rata persentase kemandirian belajar siswa setidaknya 60%, 2) Rata-rata persentase kemampuan representasi siswa setidaknya 60%. Pada pra siklus diperoleh hasil rata-rata persentase kemandirian belajar siswa adalah 29,17% sedangkan untuk rata-rata persentase kemampuan representasi siswa adalah 34,12% setelah adanya tindakan siklus I diperoleh hasil rata-rata persentase kemandirian belajar siswa adalah 40,62% sedangkan untuk rata-rata persentase kemampuan representasi siswa adalah 51,25%. Karena hasil tersebut belum mencapai indikator yang telah ditentukan, maka tindakan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil rata-rata persentase kemandirian belajar siswa adalah 60,54% sedangkan untuk rata-rata persentase kemampuan representasi siswa adalah 64,50%. Karena semua indikator telah terpenuhi maka penelitian dihentikan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Number Head Together dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan representasi siswa. KATA KUNCI : Number Head Together, pendekatan kontekstual, kemandirian belajar, kemampuan representasi ABSTRACT Winanti Ayuningtyas. K1312077. THE IMPLEMENTATION OF NUMBER HEAD TOGETHER WITH CONTEXTUAL APPROACH TO IMPROVE THE STUDENT’S LEARNING INDEPENDENCE AND THE REPRESENTATION ABILITY AT VIII C SMPN 1 KARTASURA ACADEMIC YEAR 2015/2016. Thesis. Surakarta : Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, December 2016. This research aimed to 1) describe the teaching learning process through implementation of Number Head Together learning model with contextual approach at VIII C of SMPN 1 Kartasura; 2) to improve the student’s learning independence through implementation of Number Head Together learning model with contextual approach; 3) to improve the student’s representation ability through implementation of Number Head Together learning model with contextual approach. This research belongs to the Classroom Action Research which is performed in two cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. The subject of this research were 32 students at class VIII C of SMPN 1 Kartasura academic year 2015/2016. The data source of this research were teacher and students. The techniques of data collection are observation and testing. The techniques of data validity is source triangulation. The technique of data analysis are statistic descriptive comparative and critical analysis. The data which is collected in this research are student’s learning independence and the implementation of Number Head Together learning model with contextual approach through observation and data of student’s representation ability through testing. The achievement indicators of this research are: 1) The average percentage of classroom learning independence minimum increased to 60%. 2) The average percentage of student’s representation ability minimum increased to 60%. The results of pre-cycle are the average percentage of student’s learning independence is 29,17%, while the average of student’s representation ability is 34,12%. The results after the action in the first cycle were the average percentage of student’s learning independence is 40,62%, while the average of student’s representation ability is 51,25%.. Since these results have not yet reached the predetermined indicators, the researcher then continue to the second cycle. The results after the action in the second cycle were the average percentage of student’s learning independence is 60,54%, while the average of student’s representation ability is 64,50%.. Because all of predetermined indicators has reached, then the research has done. The result of research shows that the implementation of cooperative learning model type Number Head Together can improve the student’s learning independence and student’s representation ability. KEY WORDS : Number Head Together, contextual approach, learning independence, representation ability. .

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 14 Feb 2017 08:38
    Last Modified: 14 Feb 2017 08:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31723

    Actions (login required)

    View Item