PENGARUH MODEL SNOWBALL THROWING DAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS X SMK DI KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016

, SULASTRI (2017) PENGARUH MODEL SNOWBALL THROWING DAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS X SMK DI KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1118Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sulastri. NIM S 811408012. Pengaruh Model Snowball Throwing dan Course Review Horay Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa Kelas X SMK di Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis, Surakarta: Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh antara pembelajaran dengan model Snowball Throwing dan model Course Review Horay terhadap prestasi belajar Matematika; (2) Perbedaan pengaruh antara motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar Matematika; (3) Interaksi pengaruh penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen ditinjau dari motivasi belajar. Eksperimentasi menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dikenai perlakuan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dan kelompok kontrol dikenai perlakuan dengan menggunakan model Course Review horay. Penelitian ini dilaksanakan di SMK di Kabupaten Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester 2 SMK di Kabupaten Demak tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes untuk prestasi belajar dan angket untuk mengumpulkan data motivasi belajar. Teknik analisis menggunakan analisis variansi (anava) dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran menggunakan model Snowball Throwing dengan menggunakan model Course Review Horay terhadap prestasi belajar Matematika siswa. Hal ini dibuktikan dari Fobs sebesar 29,310 yang lebih besar dari Ftabel dengan taraf siginifikansi 5% yaitu 4,00. Siswa dengan model Snowball Throwing prestasi belajarnya lebih baik daripada siswa yang menggunakan model Course Review Horay; (2) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara Motivasi Belajar tinggi dan Motivasi Belajar rendah terhadap prestasi belajar Matematika siswa. Hal ini dibuktikan dari Fobs sebesar 21,293 yang lebih besar dari Ftabel dengan taraf siginifikansi 5% yaitu 4,00. Siswa yang memiliki Motivasi Belajar tinggi cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa yang memiliki Motivasi Belajar rendah; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas X SMK di Kabupaten Demak. Hal ini dibuktikan dari Fobs sebesar 5,693 yang lebih besar dari Ftabel dengan taraf signifikansi 5% yaitu 4,00. Terdapat perbedaan rerata yang signifikan antara prestasi belajar siswa pada kelas yang menggunakan model Snowball Throwing dan kelas yang menggunakan model Course Review Horay. Terdapat perbedaan rerata yang signifikan antara prestasi belajar siswa pada kelas yang memiliki Motivasi Belajar tinggi dan kelas yang memiliki Motivasi Belajar rendah. Kata kunci: Snowball Throwing, Course Review Horay, Prestasi Belajar Matematika, Motivasi Belajar Matematika

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 13 Feb 2017 13:37
    Last Modified: 13 Feb 2017 13:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31713

    Actions (login required)

    View Item