PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI DENGAN MEDIA CHEM PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMORI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KELAS X MIA 3 SEMESTER GENAP SMA N 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NOVIANTI, PUTRI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI DENGAN MEDIA CHEM PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMORI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KELAS X MIA 3 SEMESTER GENAP SMA N 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (705Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memori dan prestasi belajar kimia siswa melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi media chem puzzle pada materi tata nama senyawa di SMA Negeri 2 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Data kemampuan memori dan prestasi belajar aspek pengetahuan diperoleh melalui tes, data sikap diperoleh melalui angket dan observasi, dan data keterampilan diperoleh melalui observasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TAI dilengkapi media chem puzzle dapat meningkatkan kemampuan memori dan prestasi belajar siswa pada materi tata nama senyawa di SMA Negeri 2 Surakarta. Persentase kemampuan memori meningkat dari 83,34% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Persentase capaian aspek pengetahuan pada siklus I adalah 60% meningkat menjadi 83% pada siklus II, persentase capaian aspek sikap pada siklus I sebesar 80% meningkat menjadi 93% pada siklus II, sedangkan capaian aspek keterampilan pada siklus I sebesar 83% meningkat menjadi 100% pada siklus II.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 13 Feb 2017 09:20
    Last Modified: 13 Feb 2017 09:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31709

    Actions (login required)

    View Item