PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MEDIA ILUSTRASI KOMIK UNTUK MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016

HAMDA, NASMAL (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MEDIA ILUSTRASI KOMIK UNTUK MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (87Kb)

    Abstract

    Nasmal Hamda. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Media Ilustrasi Komik Untuk Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 8 Surakarta. Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Siswandari, M. Stats Kopembimbing: Dr. Heri Sawiji, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan lembar kerja siswa dengan media ilustrasi komik dalam rangka untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas. Penelitian pengembangan lembar kerja siswa ini menggunakan prosedur Dick, Carey dan Carey yang terdiri dari 9 tahap yaitu: 1) identifikasi tujuan pembelajaran/kompetensi umum, 2) melakukan analisis instruksional, 3) Menganalisis siswa dan konteks, 4) merumuskan tujuan khusus/unjuk kerja, 5) mengembangkan instrumen penilaian, 6) mengembangkan strategi pembelajaran, 7) mengembangkan dan memilih bahan instruksional, 8) mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif, 9)Revisi bahan ajar. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan lembar kerja siswa berdasarkan skor skala, dan analisis tes hasil belajar melalui uji t-test. Produk pengembangan diujicobakan melalui evaluasi formatif yang meliputi beberapa tahap yaitu: review ahli media, ahli materi ekonomi, ahli bahasa, ahli praktisi, ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba lapangan. Hasil uji kelayakan tim ahli meliputi ahli media diperoleh hasil 98,43%, ahli materi ekonomi diperoleh hasil 93,39%, ahli bahasa diperoleh hasil 100%, dan ahli praktisi diperoleh hasil 91,18% tetapi perlu direvisi. Setelah melakukan revisi berdasarkan tanggapan dari tim ahli selanjutnya dilakukan ujicoba kelompok kecil diperoleh hasil rata-rata 86,66%. Selanjutnya pada tahap uji lapangan untuk menguji keefektifan Lembar Kerja Siswa dengan media ilustrasi komik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest sebesar 80,85 lebih tinggi dari nilai rata-rata prettest sebesar 58,33 dengan taraf signifikansi 0,05, sedangkan nilai rata-rata posttest untuk kelas kontrol sebesar 77,32. Dengan demikian terbukti bahwa hasil pengembangan lembar kerja siswa dengan media ilustrasi komik ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, media ilustrasi komik, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 10 Feb 2017 13:42
    Last Modified: 10 Feb 2017 13:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31701

    Actions (login required)

    View Item