Aksesibilitas Pariwisata Bagi Difabel di Kota Surakarta : Studi Evaluasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 30 Tahun 2006 tentang Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas Pada Bangunan Gedung Dan Lingkungan

SARI, CANDRA (2017) Aksesibilitas Pariwisata Bagi Difabel di Kota Surakarta : Studi Evaluasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 30 Tahun 2006 tentang Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas Pada Bangunan Gedung Dan Lingkungan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (18Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk melihat kelengkapan fasilitas dan sarana serta aksesibilitasnya yang ada di lokasi wisata yang ada di Kota Surakarta yakni Taman Balekambang, Taman Satwa Taru Jurug dan Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari. Kelengkapan fasilitas dan sarana yang ada di lokasi wisata ini dinilai berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 30 Tahun 2006 Tentang Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas Pada Bangunan Gedung dan Lingkungan. Penelitian ini menilai apakah pariwisata di Surakarta telah aksesibel atau belum dan dilihat berdasarkan asas-asas aksesibilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumen. Untuk mendapatkan data yang valid, penelitian ini mengunakan triangulasi sumber data. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Fasilitas yang dilihat dan dinilai berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 30 Tahun 2006 Tentang Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas Pada Bangunan Gedung dan Lingkungan tersebut yakni ukuran dasar ruang, jalur pedestrian, jalur pemandu, area parkir, ramp, serta rambu dan marka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan fasilitas dan sarana yang ada di lokasi wisata yakni Taman Balekambang, Taman Satwa Taru Jurug dan Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari belum lengkap dan sesuai dengan kebijakan. Ketidaklengkapan fasilitas ini menunjukkan bahwa lokasi wisata yang ada tidak aksesibel bagi difabel. Ini menjadikan aksesibilitas pariwisata yang ada di Surakarta belum terwujud.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 10 Feb 2017 08:39
    Last Modified: 10 Feb 2017 08:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31681

    Actions (login required)

    View Item