PENINGKATAN WRITING SKILLS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 7 SURAKARTA

RAHMAWATI, HILDA (2017) PENINGKATAN WRITING SKILLS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 7 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (971Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Hilda Rahmawati. K4312030. PENINGKATAN WRITING SKILLSPESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 7 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan writing skills peserta didik pada pembelajaran biologi di kelas XI MIPA 4 Surakarta melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 7 Surakarta dengan jumlah 31 peserta didik yang terdiri dari 17 laki-laki dan 14 perempuan. Data penelitian berupa tulisan peserta didik yang dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi dan wawancara. Intrumen penelitian menggunakan rubrik penilaian tulisan menurut Mclean, et al. (2012), meliputi penilaian terhadap aspek konten dan konteks tulisan. Validitas data dilakukan menggunakan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari 3 kegiatan, meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Prosedur penelitian menggunakan metode spiral. Hasil observasi prasiklus menunjukkan bahwa selama kegiatan pembelajaran biologi dihasilkan 11 tulisan untuk 11 orang dari 30 peserta didik di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 7 Surakarta, berupa tulisan catatan harian. Hasil analisis kualitas tulisan peserta didik yaitu 100% pada level 0, karena tulisan catatan harian tidak dapat dianalisis kualitasnya, dengan demikian analisis terhadap kualitas tulisan peserta didik rendah. Kualitas tulisan peserta didik yang rendah diharapkan meningkat melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Target capaian kualitas tulisan adalah satu tingkatan kualitas konten dan konteks tulisan. Kata kunci: konten tulisan, konteks tulisan, model Problem Based Learning (PBL)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 09 Feb 2017 14:14
    Last Modified: 09 Feb 2017 14:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31668

    Actions (login required)

    View Item