PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN SRAGEN

ISDIATI, ERNI HARLINA (2017) PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN SRAGEN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1018Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kebutuhan modul akuntansi dengan pendekatan pembelajaran saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri di Kabupaten Sragen. 2) Mengetahui pengembangan modul akuntansi dengan pendekatan pembelajaran saintifik yang valid untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri di Kabupaten Sragen. 3) Mengetahui keefektifan modul akuntansi dengan pendekatan pembelajaran saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri di Kabupaten Sragen. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan menggunakan prosedur Borg and Gall yang dimodifikasi. Populasi penelitian ini adalah SMA Negeri di Kabupaten Sragen. sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sasaran Uji Coba Modul yang dikembangkan adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA N 2 Sragen, sedangkan sasaran pengembangan modul adalah siswa kelas XII IPS 3 (kelas eksperimen), XII IPS 2 (kelas kontrol) SMA N 3 Sragen dan siswa kelas XII IPS 1 (kelas eksperimen), XII IPS 2 (kelas kontrol) SMA N 1 Sukodono. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan modul akuntansi dengan pendekatan saintifik secara signifikan meningkatkan hasil belajar ekonomi materi akuntansi yang ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0.000

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 09 Feb 2017 14:04
    Last Modified: 09 Feb 2017 14:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31667

    Actions (login required)

    View Item