Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbentuk Ekolarta Berbasis Teams Game Tournament untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA

SUSILO, HANIF (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbentuk Ekolarta Berbasis Teams Game Tournament untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (245Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran berbentuk Ekolarta berbasis TGT pada siswa kelas X IPS di SMA Al Islam 1 dan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016; 2) Menganalisis efektivitas media pembelajaran berbentuk Ekolarta berbasis TGT pada siswa kelas X IPS di SMA Al Islam 1 dan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian pengembangan media pembelajaran ekonomi ini menggunakan prosedur Borg and Gall yang dimodifikasi terdiri dari 8 tahap yaitu: 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba terbatas, 7) revisi produk, 8) uji coba lebih luas. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan media berdasarkan skor kriteria, dan analisis hasil belajar siswa menggunakan t-test. Hasil penelitian adalah media pembelajaran berbentuk ekolarta berbasis Teams Game Tournament (TGT). Berdasarkan hasil analisis deskriptif media pembelajaran berbentuk ekolarta berbasis TGT disimpulkan bahwa validasi ahli materi diperoleh persentase penilaian 87,22% dengan kriteria sangat baik, ahli media dengan persentase penilaian 91,11% dengan kriteria sangat baik, dan oleh ahli bahasa diperoleh persentase penilaian 100% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis uji keefektifan dengan menggunakan software IBM SPSS 19, skor rata-rata nilai motivasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 19,83% dan pada kelompok kontrol mengalami peningkatan 8,66%. Skor rata-rata nilai motivasi belajar siswa SMA Al Islam 1 Surakarta kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 15,27 % dan pada kelompok kontrol mengalami peningkatan 12,69%. Skor rata-rata nilai hasil belajar pada SMA Muhammadiyah 1 siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 46,08% sedangkan pada kelompok kontrol mengalami peningkatan 26,14%. Skor rata-rata nilai hasil belajar di SMA Al Islam 1 Surakarta siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 41,98% sedangkan pada kelompok kontrol mengalami peningkatan 35,77%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran ekolarta hasil pengembangan lebih meningkatkan nilai motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa dibandingkan tanpa menggunakan media pembelajaran ekolarta. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah media pembelajaran ekolarta berbasis TGT layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci: media pembelajaran, Ekolarta, motivasi belajar, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 09 Feb 2017 14:01
    Last Modified: 09 Feb 2017 14:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31666

    Actions (login required)

    View Item