Sekolah Alam Anak Jalanan dengan Pendekatan Arsitektur Ekologis di Surakarta

SARI, ERLIANA NARINDA (2017) Sekolah Alam Anak Jalanan dengan Pendekatan Arsitektur Ekologis di Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (757Kb)

    Abstract

    Abstrak: Anak jalanan tidak lagi banyak terlihat di perempatan lampu lalu-lintas dan sudut-sudut Kota Surakarta. Sosoknya tidak menghilang, masih sama seperti yang kita ketahui, hanya berganti cara dalam mengais rezeki. Beberapa program penanganan yang dilakukan pemerintah hanya menjauhkan anak jalanan dari ruang-ruang kota, namun tetap menjadikan mereka anak jalanan dalam cara yang berbeda dari biasanya. Bus kota dan kawasan kuliner menjadi target pengganti perempatan lalu-lintas dan sudut perkotaan. Kemiskinan dan kurangnya pendidikan turut mendorong tumbuhnya anak jalanan di Surakarta. Penanganan yang tepat untuk memberantas masalah tersebut adalah dengan meningkatkan pendidikan anak jalanan melalui sekolah alam. Sekolah Alam Anak Jalanan ini menjadi wadah pendidikan layanan khusus yang menggabungkan fungsi pendidikan, pembinaan, pengembangan diri, perlindungan, dan pelayanan kesehatan sehingga tercipta perkembangan intelektual, emosional, spiritual, dan keterampilan bagi anak jalanan di Surakarta dengan menjadikan Arsitektur Ekologis sebagai acuan perencanaan dan perancangan. Rancangan bangunan dan kegiatan yang ada di sekolah ini menyesuaikan kebutuhan anak jalanan dan karakter dari sekolah alam dengan mengacu pada konsep Arsitektur Ekologis yang menyatu dan memberikan manfaat pada alam sekitar. Kata kunci: Anak jalanan, Arsitektur Ekologis, Sekolah, Sekolah Alam, Surakarta

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Arsitektur
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 09 Feb 2017 13:52
    Last Modified: 09 Feb 2017 13:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31664

    Actions (login required)

    View Item