APLIKASI DESAIN INTRADISIPLINER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BERMAIN BOLA BAKAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KATELAN 1 KECAMATAN TANGEN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2016/2017

ARADENA, OGI (2017) APLIKASI DESAIN INTRADISIPLINER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BERMAIN BOLA BAKAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KATELAN 1 KECAMATAN TANGEN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (130Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ogi Aradena. K4610068. APLIKASI DESAIN INTRADISIPLINER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BERMAIN BOLA BAKAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KATELAN 1 KECAMATAN TANGEN KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil bermain bola bakar dengan penerapan aplikasi desain intradisipliner. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Katelan 1 pada tahun ajaran 2016/2017. Subyek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 32 siswa dan obyek penelitinnya adalah aplikasi desain intradisipliner untuk meningkatkan hasil bermain bola bakar. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara observer bekerjasama dengan guru penjasorkes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terdiri dari 6 kali pertemuan, kemudian tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari siswa, peneliti/kolaborator dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang didasarkan pada analisis kualitatif persentase. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aplikasi desain intradisipliner dapat meningkatkan : (1) hasil bermain bola bakar sebesar 59,37% pada siklus I, meningkat menjadi 81,25% pada siklus II, sehingga hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 43,75% dari data awal dengan persentase ketuntasan klasikal 81,25%, (2) Motivasi belajar siswa terhadap materi ajar bermain bola bakar meningkat ditandai dengan kesungguhan siswa dalam praktik melakukan permainan serta siswa aktif dan merasa senang saaat bermain bola bakar. Dilihat dari ketuntasan klasikal sebanyak 81,25% atau 26 siswa telah lulus KKM dan 6 siswa tidak tuntas KKM, ini menunjukan bahwa telah mencapai target capaian yakni 80%. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan aplikasi desain intradisipliner dapat meningkatkan hasil bermain bola bakar pada siswa kelas V SD Negeri Katelan 1 Kecamatan Tangen Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci: Aplikasi Desain Intradisipliner, Bermain Bola Bakar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 09 Feb 2017 11:55
    Last Modified: 09 Feb 2017 11:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31657

    Actions (login required)

    View Item