KONFLIK SOSIAL DALAM NOVEL JARING KALAMANGGAKARYA SUPARTO BRATA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR APRESIASI SASTRA JAWA DI SMA

D, NUNGKI ADELINA (2017) KONFLIK SOSIAL DALAM NOVEL JARING KALAMANGGAKARYA SUPARTO BRATA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR APRESIASI SASTRA JAWA DI SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (856Kb)

    Abstract

    Nungki Adelina Damayanti. K4212049. KONFLIK SOSIAL DALAM NOVEL JARING KALAMANGGAKARYA SUPARTO BRATA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR APRESIASI SASTRA JAWA DI SMA. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2016.Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan: 1) Konflik sosial yang terdapat dalam novel Jaring Kalamangga karya Suparto Brata dan 2) Relevansi novel Jaring Kalamangga karya Suparto Brata sebagai materi ajar apresiasi sastra Jawa di SMA.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan teknik analisis isi dan wawancara dengan informan. Validitas data diperoleh dengan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Hasil analisis novel Jaring Kalamangga yang berkenaan dengan konflik sosial menunjukkan bahwa; 1) terdapat empat penyebab konflik sosial, dalam novel Jaring Kalamangga karya Suparto Brata. yaitu kejahatan, disorganisasi keluarga, masalah generasi muda di masyarakat modern dan pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat dan 2) novel Jaring Kalamangga karya Suparto Brata layak dijadikan sebagai alternatif materi ajar apresiasi sastra Jawa karena terdapat relevansi konflik sosial di dalamnya.Dengan demikian, penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi materi ajar dalam pembelajaran apresiasi sastra khususnya novel di SMA. Hal ini dikarenakan terdapat hubungan relevansi dalam pembelajaran teks novel di SMA tersebut mengacu pada Silabus Mata Pelajaran Bahasa Jawa untuk SMA/SMK/MA. Kompetensi Dasar (KD) pembelajaran teks novel, yaitu salah satunya memahami isi petikan novel dengan melihat konflik sosial yang terjadi antara tokoh dalam novel.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 09 Feb 2017 11:52
    Last Modified: 09 Feb 2017 11:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31656

    Actions (login required)

    View Item