Hubungan antara Sense of Community dan Agreeableness dengan Perilaku Prososial pada Pengurus Young On Top (YOT) Area Joglosemar-Jatim 2015

DEVI, ARISKA TRI (2017) Hubungan antara Sense of Community dan Agreeableness dengan Perilaku Prososial pada Pengurus Young On Top (YOT) Area Joglosemar-Jatim 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Perilaku menolong yang menguntungkan orang lain atau masyarakat secara umum disebut sebagai perilaku prososial. Perilaku prososial adalah perilaku yang sifatnya sukarela dan sengaja yang memiliki konsekuensi positif untuk kesejahteraan orang lain atau kelompok. Perilaku prososial pada individu dalam sebuah komunitas atau organisasi dapat dipengaruhi oleh faktor sense of community dan agreeableness. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) hubungan antara sense of community dan agreeableness dengan perilaku prososial, (2) hubungan antara sense of community dengan perilaku prososial, serta (3) hubungan antara agreeableness dengan perilaku prososial pada pengurus Young On Top (YOT) area Joglosemar-Jatim 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah pengurus Young On Top (YOT) area Joglosemar-Jatim 2015 yang terdiri dari enam kota, yakni Solo, Semarang, Jogja, Malang, Jember, dan Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan studi populasi atau sensus yakni dengan menggunakan keseluruhan jumlah populasi yang terdiri atas 162 pengurus. Penelitian ini menggunakan tiga skala psikologis, yakni skala perilaku prososial, skala sense of community, dan skala agreeableness BFI versi Indonesia. Hipotesis pertama diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda, ada pun hipotesis kedua dan ketiga diuji dengan menggunakan uji korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sense of community dan agreeableness dengan perilaku prososial pada pengurus Young On Top (YOT) area Joglosemar-Jatim 2015. (Nilai Fhitung 100,875 > Ftabel 3,05; p < 0,05; R = 0,748). Secara parsial, penelitian ini juga menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara sense of community dan perilaku prososial (r = 0,660; p < 0,05). Terdapat pula hubungan yang positif dan signifikan antara agreeableness dan perilaku prososial (r = 0,244; p < 0,05). Nilai R2 dalam penelitian ini sebesar 0,559 atau 55,9% yang terdiri atas sumbangan efektif sense of community terhadap perilaku prososial sebesar 47,26% dan sumbangan efektif agreeableness terhadap perilaku prososial sebesar 8,67%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 09 Feb 2017 08:56
    Last Modified: 09 Feb 2017 08:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31647

    Actions (login required)

    View Item