Perbedaan Kepuasan Pengguna Media Cetak dan Online (Aplikasi Uses and Gratifications Pengguna TabloidBOLA dan Juara.net pada followers @TabloidBOLA periode Oktober - Desember 2015)

NUGRAHAINI, ROSIANA (2017) Perbedaan Kepuasan Pengguna Media Cetak dan Online (Aplikasi Uses and Gratifications Pengguna TabloidBOLA dan Juara.net pada followers @TabloidBOLA periode Oktober - Desember 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (493Kb)

    Abstract

    ROSIANA NUGRAHAINI, D0211090, PERBEDAAN KEPUASAN PENGGUNA MEDIA CETAK DAN ONLINE (Aplikasi Uses and Gratifications Tabloid BOLA dan Juara.net pada followers Twitter @TabloidBOLA periode Oktober – Desember 2015), Skripsi, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2016. Perkembangan teknologi khususnya dalam penyebaran arus informasi dan komunikasi semakin melaju pesat. Kehadiran internet yang merupakan produk perkembangan teknologi, kemudian menjadi faktor terjadinya revolusi media komunikasi. Media konvensional terdesak dan dituntut untuk mampu berinovasi agar tidak tergantikan oleh media baru. Solusi dari fenomena tersebut adalah konvergensi media, dimana media konvensional menambah platform mereka ke- digital. Contohnya media cetak yang berbondong – bondong membuat versi online sebagai solusi untuk mempertahankan eksistensi mereka. Khalayak sebagai konsumen media aktif menentukan media mana yang mampu memenuhi kebutuhan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kepuasan pengguna media cetak dan online, yaitu Tabloid BOLA dengan versi online nya Juara.net; dan sebagai informasi untuk kedua media. Selain itu untuk menambah wawasan serta pengaplikasian teori Uses and Gratifications. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif yang menggunakan dasar teori Uses and Gratificaitons oleh Palmgreen (1985). Metode penarikan sampel menggunakan Simple Random Sampling pada populasi followers @TabloidBOLA. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui Google Docs. Dan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis perbandingan Paired Sample t test dengan aplikasi SPSS 16 For Windows. Hasil penelitian mendapatkan beberapa kesimpulan. Pertama, terdapat kepuasan pengguna pada Tabloid BOLA pada aspek kebutuhan informasi dan aspek integrasi sosial, sedangkan Juara.net hanya pada aspek informasi. Kedua, dari keempat aspek kepuasan yaitu informasi, identitas personal, integrasi sosial, dan hiburan pada kepuasan pengguna, Tabloid BOLA diketahui lebih unggul dari Juara.net. Dan terdapat perbedaan yang signifikan pada ketiga aspek kepuasan kecuali aspek informasi. Yang berarti dari aspek informasi, kedua media tersebut memiliki nilai yang sama dalam memenuhi kepuasan pengguna. Kata kunci : Kepuasan pengguna, media online, media cetak, followers @TabloidBOLA.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 06 Feb 2017 09:26
    Last Modified: 06 Feb 2017 09:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31613

    Actions (login required)

    View Item