PENGARUH PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN MODEL STAD TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK N 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NAVIANTO, RIO (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN MODEL STAD TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK N 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (278Kb)

    Abstract

    Rio Naviano. K2511042. PENGARUH PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN MODEL STAD TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan pembelajaran saintifik dengan model kooperatif STAD terhadap motivasi belajar peserta didik. 2) pengaruh penggunaan pembelajaran saintifik dengan model kooperatif STAD terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi sistem kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X teknik pemesinan semester genap SMK Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran saintifik dengan model pembelajaran STAD dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran saintifik. Pengambilan data motivasi belajar dilakukan dengan menggunakan metode angket, prestasi belajar aspek kognitif menggunakan tes dan prestasi belajar aspek afektif menggunakan angket. Data dianalisis menggunakan uji-t. Analisis data dilakukan terhadap hasil angket motivasi belajar, nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan oleh nilai t = 2,424 > 1,666 dengan nilai p-value sebesar 0,018 < 0,05 yang berarti bahwa penggunaan pembelajaran saintifik dengan metode STAD memberikan dampak yang positif terhadap motivasi belajar peserta didik. (2) terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan oleh nilai t = 4,417 > 1,666 dengan nilai p-value sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa penggunaan pembelajaran saintifik dengan metode STAD memberikan dampak yang positif terhadap prestasi belajar peserta didik. Kata kunci : pembelajaran saintifik, STAD, motivasi belajar, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 06 Feb 2017 09:19
    Last Modified: 06 Feb 2017 09:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31610

    Actions (login required)

    View Item