KORELASI ANTARA POPULARITAS WEBSITE, KESADARAN IKLAN, FREKUENSI POSITIVE WORD OF MOUTH, RELEVANSI DISPLAY BARANG DAN KEPUASAN DENGAN MINAT MEMBELI PRODUK E-COMMERCE

, NABILA (2017) KORELASI ANTARA POPULARITAS WEBSITE, KESADARAN IKLAN, FREKUENSI POSITIVE WORD OF MOUTH, RELEVANSI DISPLAY BARANG DAN KEPUASAN DENGAN MINAT MEMBELI PRODUK E-COMMERCE. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2143Kb)

    Abstract

    NABILA (D1213049), KORELASI ANTARA POPULARITAS WEBSITE, KESADARAN IKLAN, FREKUENSI POSITIVE WORD OF MOUTH, RELEVANSI DISPLAY BARANG DAN KEPUASAN DENGAN MINAT MEMBELI PRODUK E-COMMERCE (Studi Korelasi Antara Popularitas Website, Kesadaran Iklan, Frekuensi Positive Word Of Mouth, Relevansi Display Barang dan Kepuasan dengan Minat Membeli Produk E-Commerce Pada Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Non Reguler FISIP UNS Angkatan Tahun 2013 – 2014). Hadirnya smartphone memudahkan setiap orang untuk mengakses internet secara mobile, terjadi pula perubahan pola komunikasi, orang bertukar pesan dan berinteraksi dengan hitungan menit hingga detik. Mengingat jumlah pengguna internet yang terus bertumbuh pesat, hal ini tidak aneh dengan adanya sebuah pasar yang potensial untuk dimasuki para pebisnis. Sebagian di antaranya terlibat dalam transaksi ¬e-commerce yang dari tahun ke tahun jumlah mereknya semakin meningkat. Sehingga peniliti memilih untuk meneliti tingkat Keterkaitan Antara Popularitas Website, Kesadaran Iklan, Frekuensi Positive Word Of Mouth, Relevansi Display Barang dan Kepuasan dengan Minat Membeli Produk E-Commerce. Faktor popularitas website menurut Chi, Yeh, dan Yang, secara positif dapat meningkatkan minat beli. Selain itu faktor kesadaran iklan menurut Belch & Belch adalah daya tarik iklan yang memfokuskan pada kebutuhan fungsional, kegunaan, atau kebermanfaatan suatu produk yang pada akhirnya mengarah pada peningkatan minat beli. Faktor selanjutnya frekuensi positive Word of Mouth, menurut Engel mempengaruhi tindakan dan pembelian, apalagi dengan adanya internet yang menjadikan word of mouth tersebar lebih luas. Berikutnya, Sopiah & Syihabuddin mengemukakan bahwa relevansi display barang adalah usaha yang dilakukan untuk menata barang yang mengarahkan pembeli agar tertarik untuk melihat, dan memutuskan untuk membelinya. Croni dkk dalam penelitian mereka mengemukankan bahwa kepuasan secara positif mempengaruhi minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskiptif kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Komunikasi Non Reguler FISIP UNS Angkatan 2013 - 2015 yang yang dalam satu tahun terakhir pernah melakukan belanja online di website e-commerce (Lazada dan/atau Zalora dan/atau Tokopedia) yang berjumlah 91 mahasiswa. Terdapat 11 mahasiswa yang melakukan pembelian online tidak hanya pada satu situs, melainkan lebih dari dua website e-commerce. Sehingga total jumlah kuesioner (responden) dalama penilitian ini adalah 102 orang mahasiswa. Setelah dilakukan perhitungan menggunakan analisis korelasi sederhana (korelasi bivariat Kendall’s tau). Hasil analisis menunjukan adanya korelasi yang signifikan antara tingkat popularitas website, kesadaran iklan, frekuensi positive word of mouth, relevansi display barang dan kepuasan terhadap minat membeli produk e-commerce. Hal ini menunjukan bahwa kepuasan menjadi faktor utama yang mampu merubah perilaku konsumen untuk melakukan minat membeli pada web e-commerce Kata Kunci : Popularitas Website, Kesadaran Iklan, Frekuensi Positive Word Of Mouth, Relevansi Display Barang, Kepuasan, Minat Membeli

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 06 Feb 2017 09:03
    Last Modified: 06 Feb 2017 09:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31604

    Actions (login required)

    View Item