PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DI KELAS X MIA SMA NEGERI DI KARANGANYAR

S, MUH. IRCHAM W. (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DI KELAS X MIA SMA NEGERI DI KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1272Kb)

    Abstract

    Muhammad Ircham Wildan Sholihan. K4312040. PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DI KELAS X MIA SMA NEGERI DI KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2016. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri di kelas X MIA SMA Negeri di Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas X MIA salah satu SMA Negeri di Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validisi data dengan menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas X MIA SMA Negeri di Karanganyar melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Peningkatan keterampilan proses sains ditunjukkan dengan meningkatnya capaian rata-rata persentase aspek keterampilan proses sains siswa dari 42,41% pada prasiklus, meningkat sebanyak 27,54% menjadi 69,95% pada siklus I, meningkat lagi sebanyak 19,34% menjadi 89,29% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran biologi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri di kelas X MIA SMA Negeri di Karanganyar. Kata Kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, pembelajaran biologi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 06 Feb 2017 08:59
    Last Modified: 06 Feb 2017 08:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31602

    Actions (login required)

    View Item