Proses Pemaknaan Komunitas Musik Black Metal (Sebuah Analisis Fenomenologi Tentang Konstruksi Sosial yang Terbentuk pada Komunitas Musik Black Metal di Kota Solo)

S, DHERY SEPTIAN (2017) Proses Pemaknaan Komunitas Musik Black Metal (Sebuah Analisis Fenomenologi Tentang Konstruksi Sosial yang Terbentuk pada Komunitas Musik Black Metal di Kota Solo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (375Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan di komunitas musik Black Metal di Kota Solo. Penelitian ini ditulis berdasarkan penelitian penggemar dan acara musik Black Metal di Kota Solo. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan makna dari musik Black Metal untuk fans mereka. Hal ini juga untuk menjawab tentang dinamika musik Black Metal di Solo City. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data primer adalah wawancara, gambar, lirik, dan peristiwa yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam. Data pendukung diambil dari sumber-sumber lain seperti Jounal, artikel, dan buku. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi sosial yang dimiliki oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Penelitian ini melibatkan pendekatan fenomenologis untuk mengungkapkan makna musik Black Metal. Dari analisis peristiwa, simbol, gaya, penggemar, idiology, media, dan pesan dari musik Black Metal di Kota Solo, dapat ditemukan adanya eksistensi dan dinamika sosial dari musik Black Metal di Kota Solo. Kata kunci: Musik, Komunitas, Black Metal, konstruksi Sosial, dinamika sosial.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 03 Feb 2017 21:18
    Last Modified: 03 Feb 2017 21:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31580

    Actions (login required)

    View Item