STUDI TENTANG TEKNIK PENILAIAN DIRI BERBASIS GOOGLE FORM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016

AGUSTIN, ANGGI (2017) STUDI TENTANG TEKNIK PENILAIAN DIRI BERBASIS GOOGLE FORM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1221Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Anggi Agustin. STUDI TENTANG TEKNIK PENILAIAN DIRI BERBASIS GOOGLE FORM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November, 2016. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui mengapa teknik penilaian diri belum optimal dilaksanakan. 2) Untuk mengetahui bagaimana mengoptimalkan teknik penilaian diri berbasis Google Form serta 3) Untuk mengetahui dampak teknik penilaian diri berbasis Google Form. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari: informan, observasi, dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel bertujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yakni terdiri dari empat komponen utama yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penilaian diri yang telah dilakukan oleh guru PPKn SMK Negeri 2 Karanganyar dilakukan hanya satu kali dalam satu semester sehingga belum memenuhi kriteria penilaian. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa kendala antara lain memerlukan waktu yang banyak sedangkan waktu yang tersedia untuk pembelajaran sangat terbatas, banyaknya aspek penilaian yang menyebabkan kinerja guru terforsir, membutuhkan biaya yang cukup besar, kurangnya kepedulian guru untuk melaksanakan penilaian diri secara rutin dikarenakan waktu yang terbatas sehingga penilaian diri terabaikan oleh guru serta kurangnya pemahaman guru tentang penilaian diri. 2) Penilaian diri berbasis Google Form dapat dilaksanakan lebih optimal dengan cara memanfaatkan fasilitas penunjang pembelajaran seperti laboratorium komputer dan sambungan wifi secara maksimal. Pelaksanaan penilaian diri berbasis Google Form lebih hemat dalam aspek waktu, biaya, serta tenaga guru tidak terforsir untuk melaksanakan penilaian diri berbasis Google Form. 3) Dampak penilaian diri berbasis Google Form yakni siswa dapat melaksanakan penilaian diri secara disiplin serta siswa memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap teknik penilaian diri berbasis Google Form. Dampak bagi guru yakni guru dapat melakukan penilaian diri secara sederhana, autentik, serta lebih obyektif. Kata kunci: Penilaian diri, Google Form � ABSTRACT Anggi Agustin. A STUDY ABOUT SELF ASSESSMENT TECHNIQUE BASED ON GOOGLE FORM OF PANCASILA AND CIVIC EDUCATION SUBJECT CLASS X VOCATIONAL HIGH SCHOOL 2 KARANGANYAR ACADEMIC YEAR 2015/2016. Thesis: The Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University Surakarta, November 2016. The objectives of this research are to investigate: (1) why the self assessment technique doesn’t optimum implemented. (2) how to optimize the self assessment technique based on Google Form. (3) the impact of self assessment technique based on Google Form. This research used the qualitative descriptive research method. The data sources of research were informants, observations, and documentation. The samples of research were taken by using the purposive sampling technique. The data of research were collected through observation, in-depth interview, and documentation also validated by using the data and method trianggulations. They were then analyzed by using interactive model of analysis consisting of four main components, namely: data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing. The result of research are as follows: (1) the self assessment which has been done by Pancasila and Civic Education teachers on SMK Negeri 2 Karanganyar only implemented once in a semester does not meet the assessment criteria. This was caused by several problems that self assessment require a lot of time while the time for learning is limited, many aspect of assessment that cause theacher’s performance is forced, requires a considerable cost, the lack of caring teachers to implement self assessment regularly because of limited time so self assessment is ignored by the teachers and teacher’s lack of understanding about self assessment. (2) Self assessment techniques based on Google Form can be delivered more optimum in ways of utilizing learning support facility as computer laboratory and wifi connection as maximum as possible. Implementation of self assessment based on Google Form is more efficient of time, cost, and teacher’s need not to forced. (3) The impact of self assessment based on Google Form were students can carry out self assessment as the discipline and also have a high interest towards self assessment based on Google Form. Impact on teachers that teachers can do a self assessment in a simple form, authentic, and more objective. Keywords: self assessment, Google Form

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 03 Feb 2017 20:58
    Last Modified: 03 Feb 2017 20:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31572

    Actions (login required)

    View Item