PENGARUH MODEL KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI DI JOMBANG TAHUN AJARAN 2016-2017

PANCAWAGI, ANA (2017) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI DI JOMBANG TAHUN AJARAN 2016-2017. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (169Kb)

    Abstract

    Ana Pancawagi. NIM S861502004. 2016. Pengaruh Model Kooperatif Teams Games Tournament (TGT dan Numbered Head Together (NHT) terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau Dari Motivasi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri Di Jombang Tahun Ajaran 2016-2017. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Mulyoto M.Pd, Pembimbing II: Dr. Sudiyanto, M.Pd. Program Studi Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Perbedaan pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi belajarsiswa, (2) perbedaan pengaruh antara kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah terhadap prestasi belajar sejarah, (3) Adaperbedaan interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar sejarah. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimental (eksperimental Research) dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri di Kabupaten Jombang tahun ajaran 2016-2017. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik multi stage cluster random sampling. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Ploso dengan jumlah 30 siswa dan siswa kelas XI IIS SMA Negeri Kabuh dengan jumlah 40 siswa. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tekhnik tes. Tekhnik analisis data yang digunakan tekhnik Analisis Variansi (ANAVA) Dua Jalur. Sebelum dianalis, dilakukan uji validitas dengan korelasi Product Moment, reabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan KR 20, uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi sejarah. (2) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar tinggi dan motivasi rendah terhadap prestasi belajar dalam pembelajaran sejarah. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar dalam pembelajaran sejarah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, TGT, NHT, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Sejarah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 03 Feb 2017 20:53
    Last Modified: 03 Feb 2017 20:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31570

    Actions (login required)

    View Item