MENGUNGKAP KOMPETENSI DOSEN D-III KEBIDANAN (STUDI KOMPETENSI RIIL DOSEN D-III KEBIDANAN DI AKES RAJEKWESI BOJONEGORO)

Utami, Woro Tri (2010) MENGUNGKAP KOMPETENSI DOSEN D-III KEBIDANAN (STUDI KOMPETENSI RIIL DOSEN D-III KEBIDANAN DI AKES RAJEKWESI BOJONEGORO). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (478Kb)

    Abstract

    Pendidikan merupakan kunci kesinambungan peradaban manusia, perhatian yang penuh terhadap peningkatan mutu pendidikan akan berefek pula pada semakin tingginya peradaban manusia. Amartya Sen, peraih Nobel Ekonomi 1998, menyebutkan bahwa pembangunan pendidikan adalah jalan menuju tujuan pembangunan berupa peningkatan kapabilitas keberfungsian manusia (capability to function) . Pendapat di atas sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, aktif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Irwan Prayitno, 2008 :1). Setiap orang berhak menerima pendidikan yang tepat sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya. Sebagaimana diketahui, the Higher Education Long-Term Strategy (HELTS) 2003-2010, mengamanatkan kepada pendidikan tinggi untuk berperan dalam pembangunan masyarakat masa depan Indonesia melalui pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki karakter yang kuat serta menghargai keragaman sebagai perekat integrasi bangsa di samping mampu bersaing baik di tingkat regional dan nasional, maupun di tingkat global dalam rangka peningkatan daya saing bangsa (Satryo Sumantri Brojonegoro, 2007:1). Perkembangan dan perubahan global yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara juga menuntut disiapkannya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi multidimensional. Berbicara mengenai kualitas sumber daya manusia, pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia. Peningkatan kualitas pendidikan merupakan suatu proses yang terintegrasi dengan proses peningkatan kualitas sumber daya manusia itu sendiri. Hal ini pada hakekatnya merupakan upaya untuk menyiapkan peserta didik (sumber daya manusia) yang memiliki kemampuan intelektual, emosional, spiritual dan sosial yang bermutu tinggi. Dengan memiliki kompetensi tersebut, peserta didik nantinya diharapkan mampu menghadapi dan mengatasi segala macam akibat dan adanya perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam lingkungan yang terdekat sampai lingkungan yang terjauh (Depdiknas, 2001: 1-2).

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RT Nursing
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 13 Jul 2013 18:00
    Last Modified: 13 Jul 2013 18:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3157

    Actions (login required)

    View Item