Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Learning Community dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Karanganyar

HIDAYAH, NUR (2017) Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Learning Community dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1017Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam pembelajaran Fisika melalui penerapan model pembelajaran Inquiry berbasis Learning Community. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dari bulan Januari sampai Mei 2016. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan kajian dokumen. Teknik analisis data adalah dengan analisis deskriptif kualitatif. Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi. Prosedur penelitian menggunakan metode spiral Kemmis dan Mc. Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inquiry berbasis Learning Community dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil kemampuan berpikir kritis pra siklus adalah 6,82 %, siklus I adalah 60,48 %, dan siklus II adalah 79,84 %. Sedangkan banyaknya siswa kelas XI IPA 2 yang berkategori sangat kritis yaitu 19 siswa, siswa yang berkategori kritis yaitu 19 siswa dan siswa yang berkategori cukup kritis yaitu 2 siswa. Kata Kunci: Inquiry, Learning Community, berpikir kritis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 30 Jan 2017 09:26
    Last Modified: 30 Jan 2017 09:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31562

    Actions (login required)

    View Item