POLA KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENGHADAPI PERMASALAHAN HUKUM (Studi Kasus Pendamping Kantor Pelayanan Bantuan Hukum ATMA dalam Memberdayakan Perempuan Korban KDRT di Surakarta)

SIMANJUNTAK, RAMOS (2017) POLA KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENGHADAPI PERMASALAHAN HUKUM (Studi Kasus Pendamping Kantor Pelayanan Bantuan Hukum ATMA dalam Memberdayakan Perempuan Korban KDRT di Surakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (541Kb)

    Abstract

    Fenomena gunung es pada kasus-kasus KDRT dapat terjadi karena perempuan yang menjadi korban KDRT seringkali tidak mengetahui harus berbuat apa, agar dapat terlepas dari belenggu penindasan. Penelitian memperlihatkan proses hubungan antara pendamping dengan korban KDRT dalam usaha pemberdayaannya. Hubungan yang terbentuk dari awal pertemuan hingga proses hukum yang telah mencapai putusan dan korban KDRT dapat menjadi berdaya. Hubungan yang terbentuk dapat berlangsung cepat hingga ke daerah yang lebih bersifat pribadi, akan tetapi hubungan tersebut tidak langsung menjadi dalam dan stabil, karena dalam proses pemberdayaan pendamping tidak dapat terlalu jauh masuk ke dalam kehidupan korban yang dapat mengakibatkan kurangnya obyektifitas dalam pemberdayaan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 30 Jan 2017 09:22
    Last Modified: 30 Jan 2017 09:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31561

    Actions (login required)

    View Item