IMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN SISWA SMA KELAS X DI KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN

MARDAYANTI, MELLA (2017) IMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN SISWA SMA KELAS X DI KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (331Kb)

    Abstract

    Mella Mardayanti. 2016. Implementasi Lesson Study pada Mata Pelajaran Ekonomi dalam Menanamkan Kemandirian dan Sikap Kewirausahaan Siswa SMA Kelas X di Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen. TESIS. Pembimbing: Prof. Dr. Yunastiti Purwaningsih, M.P. Kopembimbing: Dr. Djoko Santoso TH, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Lesson study merupakan pendekatan untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui proses pembelajaran berdasarkan prinsip kolegalitas dan saling melengkapi dalam pembelajaran untuk membangun komunitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keefektifan implementasi lesson study pada mata pelajaran ekonomi di SMA kelas X, 2) mengetahui implementasi lesson study dalam menanamkan kemandirian siswa SMA kelas X pada mata pelajaran ekonomi, 3) mengetahui implementasi lesson study dalam menanamkan sikap kewirausahaan siswa SMA kelas X pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian implementasi lesson study pada mata pelajaran ekonomi dalam menanamkan sikap kemandirian dan sikap kewirausahaan siswa SMA kelas X di Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen ini dilakukan sebanyak dua siklus, dengan tiga tahapan, yaitu: 1) implementasi perencanaan (plan), 2) implementasi pembelajaran (do), 3) implementasi refleksi (see), sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: 1) observasi, 2) wawancara; 3) dokumentasi, 4) perekaman. Analisis data yang digunakan untuk mencapai hasil penelitian ini yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) menyimpulkan data. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) lesson study dapat menanamkan kemandirian siswa SMA kelas X, kemandirian siswa dapat diukur berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dalam kriteria sangat baik. 2) lesson study efektif meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan respon siswa terhadap pembelajaran mata pelajaran ekonomi, keefektifan diukur berdasarkan beberapa aspek meliputi proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru terhadap proses pembelajaran dengan kriteria sangat baik. 3) lesson study dapat menanamkan sikap kewirausahaan pada siswa SMA kelas X, Hal ini dapat diukur berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dalam kriteria baik dan wawancara yang dilakukan terhadap siswa. Kata kunci: Lesson study, kemandirian, sikap kewirausahaan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 30 Jan 2017 09:15
    Last Modified: 30 Jan 2017 09:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31560

    Actions (login required)

    View Item