ANALISIS PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)

SUMARTHA, EVY (2017) ANALISIS PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (178Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti mengenai pengaruh struktur kepemilikan terhadap kebijakan dividen. Struktur kepemilikan sebagai variabel independen dalam penelitian ini diproksikan dengan kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendapatkan bukti mengenai fungsi moderasi dari konsentrasi kepemilikan dalam hubungan antara struktur kepemilikan dan kebijakan dividen. Variabel dependen adalah kebijakan dividen yang diukur dengan Dividend Payout Ratio (DPR). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan metode purposive sampling dan secara time series selama tahun pengamatan 2012-2014. Sampel yang diperoleh sebanyak 97 perusahaan dengan fokus pada perbedaan proporsi struktur kepemilikan pada masing-masing sampel. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Moderating Regression Analysis (MRA) dan analisis regresi data panel. Hasilnya menunjukkan bahwa konsentrasi kepemilikan berfungsi sebagai homologiser moderator pada hubungan antara struktur kepemilikan dan kebijakan dividen. Untuk kepemilikan institusional pada perusahaan yang tidak mempunyai kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap Dividend Payout Ratio, begitupula kepemilikan institusional pada perusahaan yang mempunyai kepemilikan manajerial berpengaruh positif. Selanjutnya, kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap Dividend Payout Ratio. Variabel kontrol profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh pula terhadap kebijakan dividen perusahaan. Kata Kunci : konsentrasi kepemilikan, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, ROA, ukuran perusahaan, dividend payout ratio

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Manajemen
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 30 Jan 2017 09:11
    Last Modified: 30 Jan 2017 09:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31559

    Actions (login required)

    View Item