Pengaruh Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa FKIP UNS Tahun 2016

CAHYANINGRUM, SEPTIA NUR (2017) Pengaruh Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa FKIP UNS Tahun 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1137Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Septia Nur Cahyaningrum. K7412160. PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA FKIP UNS TAHUN 2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pelaksanaan PPL terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa FKIP UNS angkatan 2012; (2) pelaksanaan PPL yang dilakukan oleh mahasiswa di sekolah mitra; (3) bimbingan yang diperoleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL; dan (4) kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru setelah melaksanakan PPL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif atau metode campuran khususnya strategi triangulasi konkuren. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP UNS angkatan 2012 yang telah melaksanakan kegiatan PPL. Sampel dipilih dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling untuk pengambilan data kuantitatif dan purposive sampling untuk pengambilan data kualitatif. Pengumpulan data kuantitatif dilaksanakan dengan teknik angket sedangkan data kualitatif diperoleh melalui teknik wawancara yang dilaksanakan di SMA Islam 1 Surakarta dengan key informan kepala sekolah. Analisis data yang digunakan dalam data kuantitatif yaitu dengan uji prasyarat analisis melalui uji normalitas, uji linearitas, dan heteroskodastisitas serta pengujian hipotesisnya dengan analisis regresi sederhana dan uji t. Untuk data kualitatif analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PPL (X) berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan menjadi guru (Y) pada mahasiswa FKIP UNS angkatan 2012. Hal ini dapat diketahui melalui uji t yang menunjukkan bahwa t hitung (9,461) > t tabel (1,985) sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan PPL berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa FKIP UNS angkatan 2012. Hasil ini didukung dengan adanya data kualitatif yang menunjukkan bahwa pelaksanaan PPL secara keseluruhan berjalan dengan baik, lancar, efektif, dan efisien serta mahasiswa juga mendapatkan bimbingan yang cukup baik selama pelaksanaan PPL. Berdasarkan nilai R Square diperoleh hasil sebesar 0,490 yang menunjukkan adanya pengaruh pelaksanaan PPL terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa FKIP UNS angkatan 2012 sebesar 49% sedangkan sisanya 51% ditentukan oleh faktor lain di luar penelitian ini. Sedikitnya kontribusi pelaksanaan PPL terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru disebabkan oleh kurang maksimalnya pelaksanaan PPL dan bimbingan yang diperoleh oleh mahasiswa sehingga dapat berpengaruh terhadap rendahnya kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru. Kata Kunci: Program Pengalaman Lapangan (PPL), Kesiapan Menjadi Guru, Guru Profesional

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 30 Jan 2017 08:37
    Last Modified: 30 Jan 2017 08:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31556

    Actions (login required)

    View Item