Dampak Kualitas Sistem Manajemen pada Kinerja Perusahaan Manufaktur (Studi pada Perusahaan Manufaktur Bersertifikasi ISO 9001 di Solo Raya)

UTOMO, CAHYO ADI (2017) Dampak Kualitas Sistem Manajemen pada Kinerja Perusahaan Manufaktur (Studi pada Perusahaan Manufaktur Bersertifikasi ISO 9001 di Solo Raya). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (346Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dampak Kualitas Sistem Manajemen pada Kinerja Perusahaan Manufaktur Studipada Perusahaan Manufaktur Bersertifikasi ISO 9001 di Solo Raya CAHYO ADI UTOMO NIM. F1214020 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas ISO 9001 yang terdiri dari 3 dimensi yaitu fokus pada kepuasan pelanggan, pencegahan ketidaksesuaian dan perbaikan terus menerus. Selain itu, mendeskripsikan pula variabel kualitas produk, kinerja operasional dan kinerja perusahan yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur. Penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan bukti empiris kualitas sistem manajemen pada kinerja perusahaan manufaktu rdi Solo Raya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 33 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Partial Least Square. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas sistem manajemen dengan kinerja perusahaan. Hasil ini ditunjukan dengan adanya pengaruh efektivitas ISO 9001 pada kualitas produk, kinerja operasional dan kinerja perusahaan.Hasil dari penelitian menunjukkan adanya pengaruh kualitas product erhadap kinerja perusahaan dan adanya pengaruh kinerja operasional terhadap kualitas produk.Sedangkan kinerja operasional terhadap kinerja perusahaan menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan Kata Kunci: efektivitas ISO 9001, fokus pada kepuasan pelanggan, pencegahan ketidaksesuaian, perbaikan terus-menerus, kualitas produk, kinerja operasional, kinerja perusahaan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 29 Jan 2017 21:57
    Last Modified: 29 Jan 2017 21:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31543

    Actions (login required)

    View Item