Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta

RAMADHANI, CAHYA HATI (2017) Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (832Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Cahya Hati Ramadhani. K7412040. PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN 2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi guru Akuntansi di SMK Negeri 1 Surakarta; dan (2)menguji perbedaan persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi professional guru Akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas XII Akuntansi dengan jumlah 74 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Angket digunakan untuk mengukur persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru Akuntansi. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk. Uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik Croanbachs’ Alpha. Analisis data yang digunakan adalah dengan analisis statistik deskriptif dan dilanjutkan dengan uji t untuk satu sampel dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1)persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru Akuntansi adalah baik. Hal ini ditunjukkan ditunjukkan dengan pemahaman terhadap peserta didik dengan skor sebesar 224,63, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis dengan skor sebesar 240,8, pemanfaatan teknologi pembelajaran dengan skor sebesar 212,5, dan pelaksanaan evaluasi hasil belajar dengan skor sebesar 233,33. (2) Persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru Akuntansi adalah baik dengan skor sebesar 235,67. (3)Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi professional guru Akuntansi adalah baik dengan skor sebesar 231,74. (4) Terdapat perbedaan persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru Akuntansi (t 81,166 > t tabel 1,9930). Kata Kunci: Persepsi siswa, kompetensi guru, Akuntansi, SMK hitung

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 29 Jan 2017 21:55
    Last Modified: 29 Jan 2017 21:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31542

    Actions (login required)

    View Item